CulinaryLifestyle

Pernak Pernik Ramadhan : Sup Harira, Makanan Wajib Masyarakat Maroko untuk Berbuka Puasa

0
Harira soup
Harira soup khas Maroko

STARJOGJA.COM, Setiap negara memiliki tradisi atau adat kebiasaan yang berbeda pada saat melewati bulan Ramadan.

Dilansir dari National Geographic, masyarakat Maroko mempunyai menu wajib buka puasa yang bernama Sup Harira. Sup dengan bahan utama tomat dan kacang lentil ini tidak hanya enak saat dimakan kala berbuka, tapi juga sehat.

Taoufik Ghaffouli, seorang manajer restoran dan hotel La Maison Arabe di Marrakech mengatakan 99 persen orang Maroko pasti menyantap Sup Harira selama Ramadan. Bagi masyarakat Maroko, tradisi seperti ini penting untuk dilestarikan hingga zaman sekarang.

Pada saat buka puasa, orang Maroko akan memulainya dengan kurma berjumlah ganjil, sebab kurma mudah dicerna dan dapat mengembalikan gula darah. Kemudian dilanjutkan dengan Harira, yang disajikan di dalam mangkuk warna-warni dan dilengkapi dengan chebakia.

Chebakia adalah kue manis berbentuk bunga yang ditaburi biji wijen. Perpaduan antara Sup Harira dan chebakia ini mudah dicerna saat perut kosong, sehingga aman untuk pencernaan.

Menurut orang-orang Maroko, Sup Harira adalah simbol Ramadan di Maroko, sebab di sana banyak orang membahas Harira menjadi topik nomor satu selama Ramadan.

Karena menjadi makanan wajib berbuka puasa, setiap Ramadan harga tomat akan naik, serta bahan-bahan pelengkap seperti peterseli dan ketumbar menjadi sulit ditemukan.

Meskipun begitu, masyarakat Maroko justru membuat inovasi resep Sup Harira yang beragam dengan bahan-bahan yang mudah ditemukan.

Ada resep Harira dengan kuah berwarna merah karena banyak tomat, kadang ada juga kuah Harira yang kuning karena menggunakan kunyit.

Ada yang menggunakan kayu manis, jintan, dan rempah lainnya. Namun, ada juga yang membuatnya pedas dengan menggunakan cabai.

Selain memanfaatkan bahan yang ada, orang Maroko juga menambahkan sayuran sebagai pelengkap Sup Harira sesuai dengan musimnya.

Kemudian ada orang-orang yang suka menikmati Harira dengan nasi, namun ada juga yang menyantapnya bersama pasta.

Jadi, dengan variasi, selera, dan kreativitas yang dibuat orang Maroko, Sup Harira memiliki banyak sekali resep.

Sup Harira tidak hanya dinikmati sendiri, biasanya orang Maroko akan memasak Harira dalam porsi besar untuk saling dibagikan ke tamu yang berkunjung.

Sebab, orang-orang Maroko senang membagi makanan kepada tetangga dan saudara-saudaranya.

Mereka juga sering mengadakan makan malam bersama selama bulan Ramadan. Bahkan akan ada makan malam besar dan mewah di antara pukul 10 malam hingga 1 pagi.

Di sana, bulan Ramadan dimeriahkan dengan cara kekeluargaan dan kasih untuk berbagi. Tidak lupa, Sup Harira yang siap tersaji.

Baca juga : Star Insight Februari 2024

Yuk Fahami Perbedaan Transfer Online dan BI Fast

Previous article

Mengenal QRIS dan Manfaatnya untuk UMKM

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Culinary