News

Pentingnya Literasi Masyarakat dalam PPDB 2024 di DIY

0
PPDB 2024 DIY
Drs. Suci Rohmadi, M.I.P Kabid Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Disdikpora DIY (bob)

STARJOGJA.COM, Info – Pemerintah Daerah (Pemda) Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) DIY tengah menyiapkan pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024. Drs. Suci Rohmadi, M.I.P Kabid Perencanaan dan Pengembangan Mutu Pendidikan Disdikpora DIY mengatakan rangkaian PPDB saat ini dengan Asesmen Standardisasi Pendidikan Daerah (ASPD) di jenjang SMP.

“ASPD jenjang SMP nanti hasilnya sebagai potret di jenjang SMP tapi sebagian untuk salah satu instrumen di jenjang berikutnya SMA/ SMK. SMP kemarin mulai dari tanggal 13, 14-15 Mei 2024 di jenjang SMP,” katanya di STAR FM Kamis (16/5/2024).

Suci mengatakan melihat pelaksanaan PPDB di tahun sebelumnya, ada beberapa hal yang menjadi catatannya. Sehingga catatan ini nantinya menjadi evaluasi di tahun berikutnya.
“Tahun 2023 ini titip KK, perpindahan tugas orang tua, paling utama ada beberapa praktek yang sebenarnya tidak patut. PPDB ini cerminan pembinaan karakter, dilakukan secara jujur adil dan tidak diskriminasi dan tidak ada proses kecurangan,” katanya.

Suci melanjutkan jika PPDB jenjang SMA mulai bulan Juni 2024. Namun beberapa hal sudah dilakukan di bulan Mei 2024 ini terutama calon siswa dari luar DIY.

“PPDB SMA pelaksanaan bulan Juni, tapi kita mulai sejak Mei ini, kemarin ASPD besok 30-31 Mei untuk lulusan di luar DIY karena animo yang ingin sekolah di DIY itu sekitar 1800 siswa,” katanya.

“Bulan Mei ini input peserta didik luar DIY harus input data misal data rapor, akreditasi sekolah, kita gunakan untuk kompnen nilai gabungan maka 20 Mei sampai 6 Juni melakukan input calon peserta didik luar DIY.”

Suci mengatakan khusus calon siswa luar DIY yang ingin sekolah di DIY maka mereka akan sama berkompetisi dengan calon siswa lainnya. Calon siswa luar DIY ini banyak yang menggunakan jalur prestasi.

“Secara seleksi penduduk DIY lebih diutamakan dahulu. Semuanya bisa lihat di dikpora.jogjaprov.go.id tentang zonasi dan regulasi ppdb, jurusannya dll,” katanya.

Suci menekankan kepada masyarakat untuk cermat dalam memahami aturan PPDB Online 2024 mulai dari petunjuk pelaksanaan (juklak) dan petunjuk teknis (juknis) PPDB 2024. Dalam aturan itu juga sudah menginformasikan tentang zonasi, afirmasi dan lainnya.
“Kebijakan pertama pratek titip KK, kami mengampu diamanatkan Kepsesjen Kemdikbud yaitu pengakuan KK satu tahun untuk PPDB zonasi terkait cucu atau anak.

Suci mengatakan untuk Peraturan Gubernur (Pergub) tentang pelaksanaan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) 2024 tidak banyak berubah namun ada beberapa catatan.

“Pergub kami status di KK itu cucu atau anak itu yang berubah di tahun lalu tidak ada. Lalu untuk masa SK mutasinya 1 tahun ini sesuai Kepsesjen Kemdikbudristek untuk masanya 1 tahun,” katanya.

Suci mengatakan jika pihaknya tengah melakukan sosialisasi tentang regulasi PPDB ini ke wilayah kabupaten kota di DIY.

“Regulasi kami besok senin20/21/22 kami sosialisasi di lima kabuapten kota. Kami ikut sertakan smp di masing masing wilayah untuk mengikuti kegiatan sosalisasi ini harapannya masyarakat tahu tentang PPDB ini,” katanya.

Suci mengaku di tahun lalu, banyak masyarakat yang belum membaca aturan dan pelaksanaan PPDB. Padahal semua informasi ada dalam petunjuk yang sudah diberikan.

“Masyarakat harus kuat literasi membaca, karena banyak yang bingun karena tidak membaca terlebih dahulu.

Suci meminta kepada masyarakat untuk tidak bingung memahami aturan PPDB. Selain dinas terkait termasuk pihak sekolah turut membantu dengan menyediakan posko PPDB.

“Kami meyediakan posko tapi dibaca dulu juknisnya jangan ke dinas semuanya nanti kami kewalahan. Kalau sudah paham jangan ke dinas. Belum membaca sudah ditanyakan. Ada contohnya supaya tidak bingung, kalau ppdb online kalau memahami cukup dirumah saja depan laptop uplod halyang disyaratkan. Nanti dikirim ke link PPDB,” katanya.

 

 

Baca juga : Pembuatan Akun PPDB Jogja Diperpanjang

Bayu

BPR Profidana Paramitra Optimis Berkembang di Usia 34 Tahun

Previous article

Memahami Penyakit Jantung Pada Kehamilan, Apa Sebab dan Solusinya?

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News