Kab BantulNews

Musim Panen Tiba, Gabah Kering Panen Hanya Dihargai 4.500

0
sekam padi
Ilustrasi Panen Padi

Starjogja.com, Bantul – Nasib kurang menyenangkan dialami oleh petani padi di Bantul. Pada saat panen seperti saat ini gabah kering panen (GKP) hanya dihargai Rp4.500 per kilogram. Harga gabah terus merosot sejak awal musim panen pada Februari lalu.

Hal senada juga disampaikan oleh seorang pemilik usaha penggilingan padi Umbul Rejeki di Dusun Pandes, Desa Wonokromo, Kecamatan Pleret Sarjiyem. Menurutnya sejak awal bulan lalu harga GKP di tingkat petani terus menurun. Dari harga normal sekitar Rp6.500, selama sepuluh hari terakhir harga terus merosot dan kini mencapai titik terendah.

Mengutip Harianjogja.com pada Rabu (21/03) Ia menengarai rendahnya harga GKP disebabkan karena panen raya di seluruh daerah yang berlangsung bersamaan, yaitu sejak Februari hingga akhir Maret 2018. Akibatnya stok gabah melimpah yang berpengaruh pada turunnya harga.

Bersamaan dengan harga GKP yang turun. Harga beras yang sebelumnya Rp11.000 hingga Rp12.000, kini turun menjadi Rp9.000 hingga Rp9.500 per kilogram. (Am)

Masuk Zona IPL Bandara, Jalan Deandels di Palihan dan Glagah Ditutup

Previous article

Kawasan Khusus PKL Malioboro Akan Segera Dimulai Pembangunannya

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul