Kab SlemanNews

Kuliner Olahan Labu Kuning Berpotensi Tingkatkan Ekonomi Sleman

0

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Dalam rangka memperingati Hari Jadi Kabupaten Sleman yang ke-102, Tim Penggerak Pembina Kesejahteraan Keluarga (TPPKK) Kabupaten Sleman menggelar Lomba Masak Berbahan Labu Kuning, Kamis (3/5), di Pendopo Rumah Dinas Bupati Sleman. Lomba tersebut diikuti oleh perwakilan PKK dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Sleman.

Ketua TPPKK Sleman, Hj. Kustini Sri Purnomo, mengatakan bahwa lomba tersebut bertujuan untuk menumbuhkan kreativitas masyarakat dalam memanfaatkan buah Labu Kuning sebagai bahan dasar olahan kulinernya. Karena menurut Kustini buah Labu Kuning memiliki beberapa kelebihan. Sehingga dirasa perlu mencoba membuat berbagai jenis makanan yang berbahan dasar Labu Kuning.

Salah satu kelebihan dari buah lokal ini, kata Kustini, adalah mudah didapatkan di wilayah Kabupaten Sleman. Selain itu menurutnya Buah Labu syarat akan nutrisi yang baik bagi kesehatan.

“Dan yang jelas harganya murah,” imbuhnya.

Sementara itu, Bupati Sleman, Sri Purnomo berharap agar peserta lomba terus mengembangkan inovasi-inovasi olahan pangan, salah satunya buah Labu Kuning. Inovasi kuliner ini menurut Sri Purnomo dapat berpotensi meningkatkan derajat perekonomian masyarakat. Mengingat Kabupaten Sleman merupakan destinasi pariwisata yang selalu dikunjungi banyak wisatawan dari berbagai tempat.

“Silahkan dikembangkan, nanti bisa dijual. Kabupaten Sleman ini kan destinasi wisata yang luar biasa. Tahun 2017 kemarin ada 7,2 juta wisatawan yang ke Sleman. Tahun ini kita targetkan 8 juta wisatawan yang akan ke Sleman,” tutur Sri Purnomo.

Lomba tersebut dibagi menjadi dua kategori, yaitu kategori olahan basah dan kategori olahan kering. Untuk olahan basah dimenangkan oleh Kecamatan Kalasan dengan nama olahan Klapertart Labu Kuning. Sedangkan untuk juara dua dan tiga masing-masing diraih oleh Kecamatan Mlati dengan olahan Talam Labu Kuning dan Kecamatan Ngaglik dengan olahan Puding Labu Kuning Ikan Mas.

Kemudian untuk kategori olahan kering, juara satu diraih oleh Kecamatan Gamping dengan olahan Pie Labu. Juara dua diraih Kecamatan Berbah dengan olahan Semprong Bule dan Kecamatan Seyegan dengan olahan Grubi Labu Kuning.

Peserta lomba masak ini sebelumnya telah mengikuti lomba di tingkat Dukuh. Kemudian pemenang di tingkat Dukuh mengikuti lomba lagi di tingkat Desa. Selanjutnya pemenang dari lomba tingkat Desa mengikuti lomba di tingkat Kecamatan. Juara satu dan dua dari lomba tingkat Kecamatan kemudian berhak mengikuti lomba masak berbahan Labu Kuning di tingkat Kabupaten.

 

gambar : khasiat.co.id

Sleman Punya Pusat Pembelajaran Keluarga

Previous article

Leptospirosis Sudah Renggut Tiga Nyawa di Kota Jogja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman