FeatureKab Kulonprogo

Progres NYIA Capai 92%, Siap Diverifikasi

0
Dua bandara di DIY
Kondisi bandara NYIA (Starjogja.com)

STARJOGJA.COM, Kulon Progo – Progres bandara Baru Kulon Progo New Yogyakarta International Airport atau NYIA capai 92% di awal bulan April 2019. Project Manager Pembangunan NYIA PT Angkasa Pura I, Taochid Purnama Hadi mengatakan pembangunan fisik NYIA capai 92% lebih sehingga target operasional bulan ini akan tercapai.

“Pembangunan NYIA sampai 31 Maret kemarin secara keseluruhan hampir 40% April 2019 sudah mencapai 92%,” katanya kepada Starjogja 101,3 FM Senin (2/4/2019).

Taochid mengatakan NYIA capai 92% ini terlihat dari pembangunan fisik di beberapa bagian penting. Target bulan April ini akan tercapai setelah finishing interior selesai.

Baca Juga : AP 1 Kejar Penyelesaian Terminal Penumpang Internasional NYIA

“92% itu secara fisik sudah 100 % ini masih finishing di terminal di udara, marka dan merapikan pemasangan lampu dan pengujian juga dilakukan,” katanya.

Kesiapan NYIA saat operasional ini akan diuji oleh tim verifikasi dari Kementrian perhubungan. Tim verifikasi itu akan datang di tanggal 4 dan 5 April 2019 ini.

“Ada tim perhubungan udara menguji verifikasi, dari pintu masuk proses terminal hingga sisi air setnya dan menghasilkan klarifikasi,” katanya.

Taochid mengatakan hasil dari klarifikasi tim verifikasi tersebut akan menghasilkan kesimpulan yang harus ditindaklanjuti NYIA. Ia berharap agar kesimpulan tim verifikasi sesuai dengan perkiraannya.

“Kita tindak lanjuti apakah nanti temuan banyak atau sedikit, hitung waktu banyak atau tidak nah dari situ kapan menentukan bandara ini dioperaiksn tapi April kita beroperasi,” katanya.

Taochid memprediksi sebelum datang tim verifikasi pihaknya sudah melakukan verifikasi internal yang terdiri dari tim pusat dan kantor cabang Adi Sucipto.

“Dari situ kita sudah perkirakan titik krusialnya, dan tidak masalah target April harus beroperasi. Insya Allah bisa beroperasi,” katanya.

Taochid mengatakan jika sesuai waktu terget, April ini NYIA sudah dapat digunakan untuk penerbangan international yang saat ini ada di bandara Adi Sucipto. Sehingga pemindahan penerbangan ini dapat berjalan di bulan April walaupun tanggalnya belum diketahui pasti.

“April nanti kita akan memindahkan International Adi Sucipto ke NYIA sambil membuka penerbangan International tambahan. Garuda sudah membuka jalur baru dari Guangzhou ke Bali, jadi Guangzhao ke Jogja dulu baru ke Bali. Jelas lima flight di Adi Sucipto ke NYIA dulu,” katanya.

ASITA DIY Berharap Masalah Sampah Tidak Berlarut

Previous article

Bayi Gajah Terperangkap di Lumpur

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Feature