Prawiro Coffe Festival, Jogja Sebagai Kota Wisata Kopi Dunia

0
123
Komunitas Kopi Nusantara akan menggelar festival kopi bertajuk Prawiro Coffee Festival#2

STARJOGJA.COM, JOGJA – Ingin mengulang sukses event tahun 2017 di Prawirotaman , Komunitas Kopi Nusantara akan menggelar festival kopi bertajuk Prawiro Coffee Festival#2. Acara ini mengambil tema Tirakatan Sambil Ngopi, karena memang digelar bersamaan dengan malam peringatan ulang tahun Kemerdekaan RI.

Ketua Panitia PCF#2 Anggidita menjelaskan, dalam event kali ini Komunitas Kopi Nusantara akan membagikan gratis ribuan cup kopi dari berbagai daerah di Indonesia, mulai Sumatra hingga Papua.

“Saat ini sudah terdaftar 80 pegiat kopi yang menyatakan diri akan ikut ambil bagian membagikan kopi andalan mereka, ” kata Anggidita.

Baca juga : Ngopi di Rumah Ala Kopi Ijo

Sebagian besar peserta adalah pelaku bisnis kopi, coffeeshop dan petani. Termasuk juga pelaku bisnis industri ikutannya. Misalnya Koke yang kondang dengan pernak pernik dengan bahan dasar kopi.

Peserta bukan hanya berasal dari Yogyakarta, tetapi juga dr Sumatra, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur dan Madura, hingga Bali. Bekerjasama dengan warga setempat, di Kampung Prawirotaman dan Karangkajen, Komunitas Kopi Nusantara ingin menggaungkan PCF#2 sebagai event berbasis wilayah menjadi event yang diakui secara nasional, bahkan Internasional.

Setidaknya hal itu sudah tampak pada kepesertaan festival yang sebagian besar adalah para pegiat kopi dari luar DIY. Dari Sumatra misalnya muncul kopi-kopi asal Aceh, Palembang, dan Lampung yang dibawa para pegiat dari daerah asalnya.

Dari Jawa, kopi andalan daerah Cianjur, Wonosobo, Temanggung, dan Karangnyar, Pacitan, Malang, dan sekitarnya. Selain itu masih ada kopi Bali, Madura, hingga kopi Papua yang terkenal dengan kopi Arabicanya.

“Masih sama dengan event sebelumnya, tujuan dari acara semacam ini adalah edukasi ke masyarakat tentang kopi Indonesia yang jumlahnya ada ratusan jenis. Kami juga ingin mengedukasi tentang kopi sehat, ” tambah salah satu inisiator PCF#2 Wisnu Birowo.

Ditambahkannya, melalui festival semacam ini nantinya bisa mendorong terwujudnya sebagai kota wisata sekligus menjadi rintisan terwujudnya Yogyakarya sebagai kota wisaya kopi.

PCF#2 bukan hanya akan diisi dengan kegiatan bagi-bagi kopi gratis tetapi juga akan diramaikan dengan acara hiburan berupa dari berbagai kelompok seni jalanan, street art bekerjasama dengan para seniman sketsa, diskusi kopi, serta bagi-bagi hadiah.

Kali ini Sanggar KPK yang beranggotakan pelaku seni di Yogyakarta juga akan menyumbang pentas pertunjukan rakyat berupa kethoprak, berjudul Ndepani Bumi Pertiwi, untuk menghibur penonton.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here