Kota JogjaNews

DPRD Bentuk Pansus Pengawasan Danais

0
KGPH Hadiwinoto
UU Keistimewaan DIY

DPRD DIY membentuk panitia khusus (Pansus) pengawasan Danais untuk mengawasi penggunaan Dana Keistimewaan oleh Pemerintah Daerah DIY. Pansus ini akan mulai bekerja untuk Danais 2015 dan Danais 2016.

Ketua Pansus pengawasan penggunaan Danais DPRD DIY Zuhrif Hudaya Selasa (12/1/2016) mengatakan pembentukan pansus ini dilatarbelakangi pandangan DPRD DIY yang menilai penggunaan Danais selama ini belum tepat sasaran.

Pasalnya Danais yang sudah dipakai belum mampu berkontribusi banyak pada kesejahteraan masyarakat.

Selain itu Zuhrif menambahkan, pembentukan ini menurutnya didasari tuntutan pada DPRD DIY untuk ikut membuat pertanggungjawaban meskipun tak ikut membuat pengusulan. Pengawasan Danais pun akan dilakukan sejak proses penjaringan, perencanaan, pengusulan angagaran, pelaksanaan program hingga proses pelaporan penggunaan Danais.

“Kami tidak ikut dalam proses perencanaan program tapi tetap dimintai pertanggunjawaban penggunaan Danais,” kata dia.

Lebih lanjut, politikus fraksi PKS ini mengatakan pihaknya merasa ada yang janggal dengan penyerapan program Danais yang tak maksimal. Bahkan sejak pertama kali digulirkan 2013 lalu Danais DIY belum sekalipun habis terserap. Untuk Danais 2015 hanya 84% anggaran yang terserap. Sementara untuk Danais 2016 pagu anggarannya sudah turun menjadi Rp547 miliar.

Karena itulah mereka sudah berencana untuk memanggil SKPD yang bertanggungjawab terhadap proses penjaringan dan pengusulan program. Nantinya mereka akan diminta untuk memaparkan kegiatan yang memanfaatkan Danais. Mereka juga berencana menanyakan pihak Kementerian terkait persetujuan program yang dilakukan.

“Hasil pansus ini akan menjadi rekomendasi kepada Gubernur DIY dan Kementerian terkait. Hasil itu sekaligus menjadi bahan pembahasan Raperdais Kebudayaan,” imbuh dia.

4 Pejabat Bank Swasta Jateng Ditangkap saat Pesta Narkoba di Sebuah Hotel

Previous article

Xiaomi Redmi 3 Disebut Kloningan Iphone

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja