Kab BantulNews

Petani Dibayangi Kerugian Ratusan Juta Rupiah

0

Belasan hektare tanaman hortikultura di pesisir selatan Bantul tidak dapat terselamatkan akibat banjir yang melanda wilayah ini pada Sabtu (18/6/2016) malam hingga Minggu (19/6/2016). Petani dibayangi kerugian ratusan juta rupiah.

Banjir paling parah yang merendam tanaman di pesisir selatan terjadi di Dusun Kretek, Parangtritis, Kretek, Bantul. Kepala Dusun Kretek, Sumanto, ditemui di lokasi banjir mengungkapkan, seluas 12 hektare lahan pertanian di wilayahnya terendam air.

Apesnya lagi kata dia, mayoritas tanaman tersebut merupakan hortikultura dan palawija yang rentan dari genangan air ketimbang tanaman seperti padi.

“Sebanyak sembilan hektare lombok [cabai] sisanya kedelai. Ada juga tanaman bawang sebagian kecil hanya tiga ribu meter persegi yang belum panen tapi ikut terendam,” ungkap Sumanto, Minggu (19/6/2016).

Seluruh tanaman hortikultura tersebut menurutnya dipastikan gagal panen. Selain dua jenis tanaman tersebut, bibit bawang yang dijemur di lahan seluas delapan hektare juga rusak.

Mayoritas petani Kretek saat ini telah memanen bawang merah. Sebagian hasil panen dibawa pulang dan dijual. Namun sebagian lagi dibiarkan dijemur di lahan yang kini ditanami cabai. Bawang merah sengaja dijemur untuk dijadikan bibit. Akibat hujan melanda sejak Sabtu hingga Minggu, seluruh bibit bawang itu musnah karena rusak.

Sumanto mencatat, kerugian akibat banjir diperkirakan mencapai Rp300 juta. Ditambahkannya lagi, posisi lahan pertanian di Dusun Kretek paling rentan dari total 11 dusun yang ada di Parangtritis. “Karena kami menerima limpasan air dari atas bukit juga air yang berasal dari wilayah lain. Kalau hujan seperti ini pasti banjir,” papar dia.

Sumanto berharap Pemerintah turun tangan membantu nasib petani bawang dan cabai. Misalnya memberikan bantuan bibit atau pinjaman lunak ke petani agar usaha pertanian dapat kembali berputar.

Disdikpora Siapkan Sanksi Tegas untuk Kasus Kekerasan

Previous article

Berikut Jalur Macet di Gunungkidul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul