Kab SlemanNews

Armada Tambahan Mulai Disiagakan di Terminal Jombor

0

Memasuki arus mudik, armada tambahan di Terminal Jombor, Sleman mulai disiagakan. Setidaknya, armada tambahan yang siap mengangkut pemudik sebanyak 54 unit.

Ketua Paguyuban Bis Malam (Pabima) Terminal Jombor, Sony Kurniawan menjelaskan pada musim lebaran tahun ini jumlah angkutan reguler yang disediakan 84 unit. Sementara, jumlah armada cadangan yang disediakan sebanyak 54 unit.

“Jadi total armada yang kami siapkan sebanyak 138 unit. Seluruh armada itu merupakan angkutan antar kota antar provinsi [AKAP]. Belum termasuk AKDP dan angkutan lainnya,” tuturnya, Kamis (30/6/2016).

Menurutnya, armada tambahan yang disediakan lebih diprioritaskan untuk arus balik. Pasalnya, pengelola Terminal Jombor sendiri sudah memprediksi tahun ini jumlah pemudik yang turun di Terminal Jombor mengalami penurunan. “Penurunan penumpang diperkirakan berkisar antara dua sampai lima persen dibandingkan tahun lalu,” ungkapnya.

Menurutnya, penurunan jumlah pemudik itu terjadi karena pemudik dari DIY di terminal tersebut didominasi oleh kalangan pelajar dan mahasiswa. Padahal masa liburan perguruan tinggi di wilayah DIY sudah berlangsung sejak pekan lalu.

Sehingga saat ini banyak pemudik dari DIY lebih dulu pulang ke tempat asalnya. “Kalau arus balik biasanya didominasi oleh para pekerja atau pegawai. Mereka akan pulang ke tempat rantauan sesuai dengan jadwal libur lebaran ditetapkan,” ujarnya.

Warga Jogja Diminta Ngalah Sama Pemudik, Hindari Malioboro Jika Tidak Mendesak

Previous article

Walikota Jogja : Pedagang & Jukir Jangan Aji Mumpung

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman