Kab GunungkidulNews

Puluhan Rambu Dipasang di Pantai, Wisatawan Jangan Ngeyel

0

Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Kabupaten Gunungkidul memasang rambu-rambu peringatan kepada wisatawan yang berkunjung ke pantai di Gunungkidul. Kunjungan wisatawan diprediksi melonjak pada libur Natal dan tahun baru.

Kepala Bidang Pengembangan Produk Wisata Disbudpar Gunungkidul Harry Sukmono mengatakan, ada sekitar 50 rambu berupa papan pengumuman yang dipasang di sejumlah pantai di Gunungkidul. “Pemasangannya kami serahkan ke kawan SAR [Search adn Rescue],” kata Harry Sukmono, Sabtu (17/12/2016).

Papan pengumuman itu antara lain berisi larangan mandi di laut serta larangan bermain di area-area tebing yang rawan longsor. Pemerintah kata dia sengaja melibatkan anggota SAR dalam pemasangan papan pengumuman, karena mereka yang mengerti lokasi mana saja yang rawan kecelakaan. Baik kecelakaan laut maupun titik-titik tebing yang rapuh.

Pemasangan rambu tersebut kata dia bertepatan dengan libur Natal dan tahun baru yang sebentar lagi dimulai. Libur panjang di akhir tahun itu diprediksi bakal menyedot ratusan ribu pengunjung, sehingga aktivitas di pantai semakin ramai. Keberadaan rambu-rambu penting bagi keselamatan wisatawan.

“Jangan sampai korban runtuhnya tebing seperti di Pantai Sadranan dulu terulang. Makanya kami antisipasi,” imbuh dia.

Ditambahkan Harry, keberadaan rambu-rambu tersebut bersifat permanen. Pasca libur Natal dan tahun baru, papan pengumuman itu tetap berguna bagi pengunjung atau wisatawan. Bhekti Suryani/JIBI/Harian Jogja |

Lavatour Merapi, 550 Jip Disiapkan Sambut Libur Akhir Tahun

Previous article

Pemasangan Pagar Pembatas Diperluas

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *