Kota JogjaNews

BPJS Kesehatan Yogyakarta Optimalkan Cakupan Kepesertaan

0

Sri Mugirahayu ,Kepala Cabang BPJS Kesehatan Yogyakarta menyebutkan tahun ini Program JKN –KIS telah memasuki tahun ke 4.Ke depannya, program JKN – KIS ini perlahan-lahan akan terfokus menjadi KIS saja.

Hingga tahun 2017 ini, peserta BPJS di Daerah Istimewa Yogyakarta sudah mencapai 75,78 % dari capaian nasional yaitu 95% .Sri mengatakan tingkat kepersertaan BPJS di Yogya akan terus meningkat seiring kepatuhan anggotanya dan juga Virtual Account (VA).

Jumlah kepersertaan ini naik bila dibandingkan tahun tahun sebelumnya yang mencapai kurang dari 50%. Menurut Sri , 30% yang belum ikut dalam kepersetaan BPJS di Yogya ini dari golongan informal dan yang masih dicover oleh jamkesda.

BPJS DIY mengupayakan hingga 2019 yang akan datang , cakupan peserta BPJS Perbulan sekitar 2500 peserta dan 400.000 peserta selama satu tahunnya.Sri menjelaskan kendala yang dihadapi untuk meningkatkan kepesertaan adalah karena adanya sebagaian masyarakat menengah keatas yang belum mengikut sertakan dirinya pada program JKN –KIS.

Sri berharap adanya Dukungan seluruh stakeholder untuk meningkatkan kolektabilitas iuran, khususnya segmen peserta PBPU (Mandiri) yang baru mencapai 65%.Selain itu diperlukan juga dukungan dari seluruh badan usaha mulai dari skala kecil hingga besar untuk mendaftarkan seluruh karyawan dan keluarganya.Ia berharap masyarakat juga memanfaatkan kepesertaan mandiri bagi diri dan keluarganya.Masyarakat diminta mendaftar sebelum sakit.( ang/den)

Klenteng Sam Poo Kong di Tahun Baru Imlek

Previous article

Aksi Pancasila Rumah Kita Digelar Di Tugu

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja