Kota JogjaNews

Semua Pasangan Siapkan Hitung Cepat Pilkada Jogja

0
partisipasi pilkada bantul
Ilustrasi Pilkada

Seluruh pasangan calon kepala daerah yang bersaing pada Pilkada Kota Yogyakarta menyiapkan hitung cepat hasil pemungutan suara, meskipun tetap akan menunggu hasil resmi penghitungan suara dari KPU Kota Yogyakarta.

“Tentu ada hitung cepat sekaligus ‘real count’. Kami menggunakan data dari saksi yang bertugas di seluruh tempat pemungutan suara (TPS),” kata Ketua Tim Pemenangan Pasangan Calon Kepala Daerah Nomor Urut Satu, Danang Rudiatmoko di Yogyakarta, Selasa.

Pada Pilkada Kota Yogyakarta, pasangan nomor urut satu Imam Priyono-Achmad Fadli menargetkan perolehan 60 persen suara untuk memanangi pilkada dan mengantarkan pasangan tersebut menduduki jabatan sebagai kepala daerah lima tahun ke depan.

Hal senada disampaikan Tim Pemenangan Pasangan Calon Nomor Urut Dua, Fachruddin yang mengatakan akan melakukan “quick count” hasil pemungutan suara dari sejumlah TPS yang dipilih secara acak namun tetap representatif.

“Dari hasil rapat terakhir, ‘quick count’ akan dilakukan secara random dengan memperhitungkan jumlah TPS, rasio pemilih dan angka partisipasi masyarakat,” katanya.

Seperti lawannya, pasangan calon nomor urut dua, Haryadi Suyuti-Heroe Poerwadi juga menargetkan perolehan lebih dari 60 persen suara untuk memenangi pemilihan kepala daerah.

Fadchruddin mengatakan, optimisme pasangan tersebut untuk meraih 60 persen suara didasarkan pada sejumlah faktor, di antaranya kondisi sosiologis dan karakter masyarakat Yogyakarta, serta soliditas partai pengusung dan pendukung pasangan calon yang tetap terjaga hingga saat ini.

“Semuanya tetap ‘on the track’. Harapannya, hal tersebut dapat direalisasikan dalam bentuk perolehan suara pada pemungutan suara Rabu (15/2),” katanya.

Sementara itu, Ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta Wawan Budiyanto mengatakan, akan ada sejumlah lembaga yang memantau pelaksanaan pemungutan suara di Kota Yogyakarta.

“Ada dua lembaga, dari Narasita dan KPK Tipikor. Selain itu, ada kunjungan dari anggota DPR RI yang memantau pelaksanaan pilkada di beberapa TPS,” katanya.(antara)

Sultan Minta Masyarakat Jangan Golput

Previous article

Imam Priyono Sungkem Sebelum Coblosan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja