Kab KulonprogoNews

Rawan Longsor, 28 Jiwa Mengungsi

0

Star Jogja- KulonProgo.Tebing tanah setinggi 10 meter longsor dan merusak dua unit rumah warga di Dusun Jeruk, Desa Gerbosari, Kamis (6/4/2017) pagi. Demi mencegah dampak longsor susulan, total sembilan Kepala Keluarga (KK) 28 jiwa dari delapan rumah, yang mendiami wilayah setempat, terpaksa mengungsi.

Longsor ini merupakan longsoran susulan dari tanah sepanjang 700 meter, yang terjadi awal Maret lalu. Akibat curah hujan tinggi mengguyur Kulonprogo, rekahan tanah yang berpotensi longsor ini, panjangnya bertambah menjadi satu kilometer.

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kulonprogo Gusdi Hartono mengungkapkan, warga yang mengungsi di kediaman kepala dusun setempat, diminta untuk tidak kembali ke rumah mereka, termasuk menahan diri untuk melakukan kegiatan pertanian apapun di areal persawahan. Karena, di areal itu terdapat dua garis retakan melintang dan ada banyak garis rekahan yang nampak membujur.

Secara teknis, rumah yang terdampak langsung harus segera direlokasi. Bila langkah itu diambil, BPBD akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kecamatan, Desa, Dusun dan warga terdampak. Mengingat relokasi membutuhkan lahan, apabila warga memang memiliki lahan mandiri, maka bisa menjadi solusi. Apabila dibutuhkan material untuk membangun rumah tinggal, maka BPBD yang nantinya berupaya memenuhi kebutuhan tersebut.Uli Febriarni/JIBI/Harian Jogja |

Jakarta Selatan area yang paling banyak diincar pembeli properti

Previous article

BNNP DIY Maksimalkan Program Rumah Damping

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *