Kota JogjaNews

Limbah Toilet Bawah Tanah Diolah Hingga Jernih

0

Star Jogja.Jogja. Proyek pembangunan toilet bawah tanah di kawasan titik nol kilometer Kota Jogja menggunakan teknologi ramah lingkungan. Limbah yang berasal dari buangan air kecil maupun air besar diolah lebih dahulu di bawah tanah dengan menggunakan teknologi bakteri pengurai untuk kembali dijernihkan.

Pelaksana Lapangan Proyek Pembangunan Toilet Bawah Tanah di Kawasan Titik Nol Kota Jogja Wintawan Alka Putranto menyatakan, pihaknya mengerjakan pembangunan toilet sesuai dengan desain arsitektur. Tidak ada yang khas dari sisi bangunan toilet itu meski berada di tengah jantung kota Jogja. Namun ia memastikan fasilitasnya setara dengan toilet hotel bintang lima.

Ia menambahkan, proses pengolahan limbah toilet itu bukan sekadar dibuang ke dalam tanah seperti layaknya septiktank pada umumnya. Akantetapi, di bawah tanah limbah akan diolah melalui instalasi pembuangan air limbah (IPAL). Jika kedalaman bangunan toilet sekitar lima meter, maka ia menambah dua meter lagi atau kedalaman tujuh meter sebagai tempat pengolahan limbah.

Wintawan mengklaim teknologi ramah lingkungan itu tergolong sederhana. Menggunakan bakteri pengurai, limbah dari urinoir dan water closed (WC) akan ditampung dalam IPAL. Sedangkan limbah dari wastafel akan dimasukkan ke bak penampungan. Dua tampungan ini dipastikan akan menjadi sumber pengolahan limbah menggunakan sistem mechanical dan electrical (ME) IPAL. Limbah itu akan dijernihkan sehingga air bisa dimanfaatkan kembali seperti untuk menyiram tanaman.

Dari sisi fasilitas, toilet itu berjumlah 20 pintu terdiri atas enam toilet pria, 12 wanita dan dua untuk penyandang disabilitas. Seluruh ruangan terpasang AC, dilengkapi enam titik CCTV. Selain itu disediakan ruang laktasi berukuran 3 x 3 meter. Adapun luas bangunan 291 meter yang berada di lahan seluas 320 meter.Sunartono/JIBI/Harian Jogja |

Breaking News : Kecelakaan di Depan Kampus UPN,Pak Ogah Jadi Korban

Previous article

Liburan Paskah : Parkir Di Tepi Jalan Sebabkan Lalin Padat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja