Flash InfoTechno

Tahun ini UAJY buka prodi S2 Magister Ilmu Komunikasi

0

StarJogja.com, JOGJA – Institusi harus selalu mengembangkan organisasinya, demikian pula  sebuah institusi pendidikan. Salah satu cara pengembangannya adalah dengan membuka sebuah program studi atau fakultas baru.  Setelah pada tahun 2016 Universitas Atma Jaya Yogyakarta (UAJY) membuka Program Studi (Prodi) Sistem Informasi di bawah Fakultas Teknologi Industri, tahun 2017 ini UAJY akan membuka sebuah Program Pascasarjana (S2) baru bernama Prodi Magister Ilmu Komunikasi (MIK). Prodi MIK ini merupakan pengembangan dari Prodi S1 Ilmu Komunikasi di bawah Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (FISIP) UAJY yang sudah berdiri sejak tahun 1991. Pendirian Program Pascasarjana MIK merupakan salah satu poin yang tertuang dalam Sasaran Mutu FISIP UAJY 2015-2017 bidang Perencanaan, Pengelolaan dan Pengembangan Institusi.

Surat Keputusan Pembukaan Prodi Baru No.212/KPT/I/2017  diterimakan oleh Koordinator Kopertis Wilayah V kepada Rektor UAJY pada Rabu, 26 April 2017. Dengan demikian, Prodi MIK siap menerima mahasiswa pascasarjana baru mulai Tahun Akademik 2017/2018.

Dalam kesempatan penerimaan SK tersebut, Dekan FISIP Dr. MC Ninik Sri Rejeki, M.Si. memaparkan visi dan misi Program S2 Magister Ilmu Komunikasi, “Prodi MIK divisikan untuk mewujudkan lembaga pendidikan untuk pengembangan ilmu dan melahirkan lulusan yang profesional di bidang komunikasi dan memiliki karakter yang berorientasi pada peningkatan martabat manusia dan kesejahteraan masyarakat.”

Rektor UAJY Dr. Gregorius Sri Nurhartanto, S.H., LL.M. menyampaikan, “Seperti dalam dokumen usulan pendirian, Prodi MIK diarahkan untuk mengembangkan kajian yang mampu menjawab masalah-masalah yang berkembang di Indonesia, terutama terkait dengan perkembangan pesat teknologi informasi dan komunikasi, globalisasi dan internasionalisasi seperti orientasi pada capital dan melupakan aspek humanistik.”

Direktur Pascasarjana UAJY menyambut gembira atas pembukaan prodi baru ini, “Prodi MIK akan memperkaya ragam jenjang pendidikan yang telah dimiliki UAJY, yaitu dua belas prodi strata 1 dan lima prodi pascasarjana yang sudah lebih dahulu ada. Prodi MIK pun punya relasi keilmuan dengan Prodi Magister Manajemen, Magister Ilmu Hukum dan Magister Teknik Informatika.”

Sedangkan Koordinator Kopertis Wilayah V, Dr. Ir. Bambang Supriyadi, CES., DEA, menegaskan bahwa  untuk PTS DIY, ke depan diharapkan lebih memprioritaskan pembukaan program-program S2, karena jumlah Program S1 sudah banyak, kecuali mereka yang mau membuka pendidikan vokasi tetap diberi kelonggaran karena program ini banyak diminati oleh masyarakat. (AM)

PGSD Sanata Dharma adakan ROMUSA

Previous article

Bincang-bincang Sastra edisi 139 “PERJUMPAAN DENGAN TOKOH ANDA”

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info