Kota JogjaNews

Muhammadiyah akan bangun sekolah sungai

0
Muhammadiyah edaran Ramadan
logo muhammadiyah

Starjogja.com, Jogja – Majelis Lingkungan Hidup Pimpinan Pusat Muhammadiyah akan meresmikan Sekolah Sungai di bantaran Kali Code, kampung Jetis Harjo, Jetis, Jogja, Kamis (18/5/2017). Peresmian akan dilakukan Menteri Pendidikan Muhadjir Effendi dan Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir.

Sekolah sungai adalah model sekolah informal yang menekankan upaya membangun paradigma baru dalam memandang lingkungan tempat tinggal, terutama lingkungan sungai. Sekolah ini menggunakan aula masjid, balai RT RW, ruang terbuka pinggir sungai, pendapa kelurahan bahkan rumah pribadi sebagai ruang-ruang belajar.

Para pematerinya adalah para pegiat sungai dan lingkungan yang selama ini aktif menggeluti bidang pengelolaan air bersih masyarakat, pengelolaan sampah, konservasi air dan sungai, pemberdayaan masyarakat sungai, dan organisasi komunitas sungai.

Adapun untuk sekolah sungai yang didirikan Muhammadiyah ini, mula-mula akan menyasar peserta warga Muhammadiyah di tingkatan terbawah yakni tingkat ranting dan takmir-takmir masjid.

Dikutip dari Harianjogja.com, Anggota Majelis Lingkungan Hidup (MLH) Pimpinan Wilayah Muhammadiyah DIY Harris Syarif Usman mengatakan, ke depan dimungkinkan silabus pendidikan tentang sungai ini akan disinergikan dengan pendidikan formal Muhammadiyah. (AM)

PPD Sleman beri ruang bagi UKM dan UMKM

Previous article

Pakem jadi sentra produksi sayuran di Sleman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja