Kota JogjaNews

TI Harus Bisa Tingkatkan Pelayanan Publik & Wujudkan Keamanan Masyarakat

0
Infrastruktur internet
news.com_.au

STARJOGJA- JOGJA. Langkah strategis mewujudkan Jogja Internet Sehat harus dijalankan bersama-sama oleh seluruh elemen stakeholders di Daerah Istimewa Yogyakarta. Melalui teknologi informasi yang terintegrasi ke depan penyelenggara pemerintahan bisa meningkatkan pelayanan publik, manajemen pemerintahan daerah dan manajemen keuangan daerah secara lebih baik.

Eko Suwanto, Ketua Komisi A DPRD DIY menyatakan hal tersebut saat pelaksanaan Seminar Strategi Wujudkan Internet Jogja Sehat di DPRD DIY, Jumat, 2 Juni 2017. “Melalui pemanfaatan teknologi informasi yang terintegrasi, pemerintah bisa jalankan manajemen pencegahan dan pengelolaan resiko bencana hingga langkah strategis mewujudkan keamanan dan ketertiban umum. Keamanan dan ketertiban umum ini penting untuk menjamin pergerakan ekonomi rakyat di Jogja” kata Eko Suwanto.

Seminar yang menghadirkan Kapolda DIY,  Brigjen Pol Ahmad Dhofiri, Kepala Dishub Kominfo DIY Rony Primanto ini diikuti oleh dua ratusan peserta dari unsur pemda, ormas pemuda dan aktifis mahasiswa juga netizen Jogja.

Eko Suwanto menyebutkan DPRD DIY memberikan dukungan penuh untuk peningkatan pelayanan publik dengan pemanfaatan teknologi informasi. Salah satu langkah strategis yang penting segera dilakukan adalah mengintegrasikan sistem jejaring komunikasi informasi antar bidang pelayanan, termasuk langkah meningkatkan kerjasama Pemda dengab Polri untuk menjawab aneka problem yang terjadi dewasa ini.
Langkah berikutnya adalah mendorong meningkatkan kerjasama Pemda dengan Polri dan TNI dalam perkuat rasa kebangsaan Indonesia melalui IT.
“Meningkatkan jaringan, sarana prasarana dan fasilitasi untuk mendukung tugas Polri dalam wujudkan ketertiban umum dan keamanan DIY penting segera direalisasikan. Kita harapkan internet bisa menjangkau seluruh 301 desa dan kelurahan dI DIY. Ayo kita dukung Pemda kerja keras wujudkan ini. Dengan jaringan internet diseluruh wilayah DIY, swasta bisa berpartisipasi dengan memasang CCTV. Alangkah hebatnya jika semua wilayah dijangkau CCTV. Pemda bisa manfaatkan untuk pantau manajemen pemerintahan, pembangunan juga kebencanaan. Polri dan Pol PP bisa pantau situasi secara langsung aktifitas masyarakat sehingga kejahatan bisa ditekan. Guna wujudkan ini Pemda perlu gandeng semua pihak. DPRD akan memberikan dukungan” kata Eko Suwanto, politisi muda PDI Perjuangan.

Eko Suwanto mencatat guna mewujudkan Internet Jogja Sehat harus perhatikan pula pembangunan TI berbasis desa dengan dukungan fiber optic dan wireless yang hebat. Saat ini baru 55 km fiber optic di Kota Yogya dan 45 Wireless di kabupaten. Jauh dari memadai. Kita akan genjot terus agar segera seluruh wilayah terjangkau internet.
Wujudkan Internet Jogja Sehat akan bermakna saat integrasi teknologi bisa dirasakan oleh semua pihak, bisa diakses oleh rakyat yang ditandai rakyat bisa akses perencanaan pembangunan.Rakyat mendapatkan layanan, perlindungan dan pemberdayaan dari pemerintah daerah.

Langkah strategis di atas diharapkan bisa mewujudkan harapan bersama juga tekad seluruh pihak agar Jogja bebas Hoax, Jogja bebas Hate Speech,  Jogja bebas Intoleransi, Jogja yang bebas aksi Radikalisme dan Terorisme.
“Ini semua bisa berjalan baik saat pemerintahan benar-benar serius menjalankan langkah strategis yang disepakati, rakyat lewat netizen berpartisipasi aktif di dalamnya,” kata Eko Suwanto.(DEN)

Calon Perangkat Desa di Sleman Harus Ikuti Teknologi

Previous article

Messi Bangun Taman Hiburan di Beijing

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja