Kab GunungkidulNews

Kemarau berkah bagi petani tembakau

0
tarif cukai tembakau
Temabkau Gunungkidul (harianjogja)

Starjogja.com, Gunung Kidul – Turunnya intensitas hujan pada beberapa bulan terakhir membawa berkah tersendiri bagi petani tembakau yang saat ini sudah mulai panen. Hasil panen meningkat tajam lantaran tembakau tumbuh baik, tak kelebihan air seperti tahun kemarin yang mengalai kemarau basah.

Salah seorang petani tembakau di Desa Wareng I, Kecamatan Wonosari, Sudadi, mengatakan panen pada 2017 ini mengalami peningkatan dibandingkan tahun sebelumnya. Cuaca yang mendukung menjadi faktor utama peningkatan hasil penennya.

Pada tahun lalu, lantaran banyak tembakau yang kelebihan air dia hanya bisa memperoleh hasil panen sekitar 3,7 kwintal tembakau kering. Namun tahun ini dia memperkirakan dapat memanen sekitar dua kalipatnya, sebab tanaman tembakaunya tumbuh dengan baik tidak banyak yang kriting karena kelebihan air.

Selain hasil panen yang meningkat, kata dia harga tembakau kering saat ini juga meningkat tajam. Dari yang sebelumnya dari kualitas satu hingga kualitas tiga rata-rata dihargai Rp25.000, kini karena kadar airnya lebih rendah harganya rata-rata mencapai Rp30.000. (Am)

 

UEFA Rilis Skuat Terbaik, Real Madrid Mendominasi

Previous article

PPDB, Sekolah harus utamakan calon siswa terdekat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *