Kota JogjaNews

30 Persen Bus tidak laik jalan, sebagian ditilang

0
teman bus yogyakarta
ilustrasi bus

Starjogja.com, Jogja – Kegiatan “ramcheck” atau pengecekan kondisi bus di Terminal Giwangan Yogyakarta yang dilakukan selama masa Angkutan Lebaran 2017 menunjukkan hampir 30 persen bus yang diperiksa dalam kondisi tidak laik jalan.

Koordinator Satuan Pelayanan Terminal Giwangan Yogyakarta Bekti Zunanta, mengatakan, Jumlah bus yang tidak laik jalan memang cukup banyak. Bus tersebut kemudian dilarang dioperasionalkan, bahkan ada yang ditilang.

Berdasarkan data hingga akhir Juni, petugas di Terminal Giwangan Yogyakarta sudah melakukan “ramcheck” kepada 475 bus dan diketahui sebanyak 323 bus dinyatakan laik jalan dan diizinkan untuk dioperasionalkan, meskipun 56 di antaranya mendapatkan peringatan untuk perbaikan terlebih dulu.

Sedangkan sisanya sebanyak 134 bus dinyatakan tidak laik jalan dan dinyatakan dilarang dioperasionalkan, dengan 83 bus di antaranya harus ditilang.

Dikutip dari Antara, dari 398 bus AKAP yang diperiksa, sebanyak 236 bus dinyatakan laik jalan dan diizinkan dioperasionalkan, sedangkan 47 bus diperingatkan untuk diperbaiki, dan 115 bus dalam kondisi tidak laik jalan.

Sedangkan dari 18 bus AKDP, sebanyak lima bus harus diperbaiki, dan 13 bus tidak laik jalan, serta untuk 41 bus pariwisata yang diperiksa, sebanyak 31 bus dinyatakan laik jalan, empat bus mendapat peringatan untuk diperbaiki dan enam bus dinyatakan tidak laik jalan.(AM)

Suharsono Pantau Libur PNS Usai Libur Lebaran

Previous article

Mudik lebaran, 3,1 juta penumpang menggunakan angkutan udara

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja