Kab BantulNews

Dinas Kebudayaan Bantul adakan Festival Dalang Bocah di Rumah Budaya Tembi

0

Starjogja.com, Bantul – Festival Dalang Bocah 2017 digelar oleh Dinas Kebudayaan Bantul selama 2 hari, Senin-Selasa (21-22/8/2017). Festival tersebut berlangsung di Rumah Budaya Tembi. Dalam Festival tersebut komponen yang dinilai diantaranya suluk, keprak’an, kesusastraan, karawitan, gending, cepengan dan sabet.

Selain itu, seperti dilansir dari Harianjogja.com, menurut Ketua Persatuan Pedalangan Indonesia Komisariat Daerah (Pepadi Komda) Bantul, Ki Hadi Sujanto para peserta festival bebas memainkan lakon wayang apapun. Menilik kemampuan mendalang para peserta masih terbatas serta festival ini ditujukan untuk pembibitan. “Dasar-dasar pedalangan yang akan dinilai,” ungkapnya pada Senin (21/8/2017).

Hal senada disampaikan oleh Kepala Bidang Adat Seni dan Tradisi Dinas Kebudayaan Bantul, Dodik Koeswardono. Menurutnya, agenda tahunan ini dimaksudkan untuk pembibitan karena kini profesi dalang semakin ditinggalkan generasi muda. Maka kategori pesertanya pun juga diikuti oleh para anak-anak dan remaja usia SD hingga SMA.

Dodik menuturkan peserta festival ini tidak hanya berasal dari sejumlah sanggar dalang di Bantul saja tetapi juga dari pembibitan dalang di sejumlah sekolah. “Ada yang dari sekolah ada yang dari sanggar,” imbuhnya.

Dalam pelaksanaannya, peserta festival dalang bocah diberikan waktu 20 menit buat mendalang. Lalu penampilah mereka bakal dinilai lima juri yang telah ditunjuk Disbud Bantul mewakili beberapa unsur baik dari praktisi maupun akademisi.

Seorang peserta, Gati Pamungkas Sudarmaji (10) mengaku telah dua kali mengikuti festival ini. Ia mengaku termotivasi untuk turut serta melestarikan kebudayaan. Apalagi seni pewayangan adalah salah satu budaya leluhur. (Am)

Pemkot Yogyakarta Pastikan Kesehatan Hewan Kurban Lewat Sertifikasi

Previous article

Empat pebulutangkis Indonesia membuka kejuaraan Dunia dengan kemenagan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul