Kab BantulNews

Industri kecil di Pajangan butuh perlu pendampingan

0

Starjogja.com, Bantul – Industri mikro kecil di wilayah Kecamatan Pajangan, Kabupaten Bantul,  masih membutuhkan pendampingan dari pemerintah  melalui intansi terkait.

Camat Pajangan Yulius Suharta mengatakan “Dari sisi manajemen para pengusaha dan para pelaku usaha yang sudah ‘sepuh’ (tua) ini memang perlu banyak pendampingan, baik dari pemerintah desa atau kelembagaan yang ada,” kata Yulius seperti dikutip dari Antara.

Menurut dia, di Pajangan ini terdapat ratusan pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang mayoritas bergerak di sektor kerajinan dan industri kreatif, namun diakui dalam memajukan usaha masih perlu pendampingan pemerintah.

Ia mengatakan, sebab sejauh ini produk yang mereka hasilkan sebagian masih dipasarkan di daerah setempat, karena dari sisi pengelolaan usaha dan pemasaran belum maksimal, sehingga tidak jarang hanya berdasarkan pesanan.

Menurut dia, pihaknya juga akan mengkolaborasikan antarpelaku usaha di lingkup antar desa yang satu dengan desa yang lain di Pajangan, mengingat potensi industri di Pajangan tidak hanya kerajinan, melainkan juga kuliner.

Dengan demikian, kata dia, disamping wisatawan menikmati kuliner di Pajangan, di sisi lain ada sebuah proses pada pemasaran hasil kerajinan setempat. Di Pajangan ini potensi kerajinannya ada batik kain, batik kayu, batik patung, olahan dari bahan pertanian. (Am)

LINTAS KOTA : ASITA DIY dukung Pengembangan Kampung Wisata

Previous article

Terdampak bandara, Puskesmas Temon 2 pindah ke rumah warga

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Bantul