Kota JogjaNews

Gelar Budaya Rakyat Siap Digelar di Pakualaman

0

STARJOGJA, JOGJA – Setelah pekan lalu digelar di Pagelaran Kraton, giliran rangkaian mangayubagya pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur DIY bakal diselenggarakan di Sewandanan Kadipaten Pakualaman.

Acara akan dimulai pukul 15.00 – 17.00 WIB dengan kesenian jathilan menampilkan juara pertama festival jathilan se kabupaten Gunungkidul tahun 2017 yakni jathilan Turangga Jati dari Nglipar GunungkidulDisusul pukul 19.00 WIB tampil kesenian angguk Mitra Sejati dari Jatimulyo Girimulyo Kulonprogo. Menyusul kemudian gejog lesung Laras Budaya dari Candran Imogiri Bantul.

Berikutnya hadir kesenian reyog Beksa Kudha Wirama dari Tampungan Berbah Sleman serta kethoprak Ongkek dari kota Yogyakarta.Para penampil ini merupakan representasi dari tiap-tiap kabupaten kota se Daerah Istimewa Yogyakarta.

Puncak gelar budaya rakyat adalah pagelaran wayang kulit semalam suntuk yang dibawakan dalang muda Ki Catur Benyek Kuncoro dengan lakon “Jumenengan Pringgodani.”Dalang Ki Catur Benyek Kuncoro dikenal unik dan inovatif. Ia berkreasi mengembangkan wayang hip hop. Sebuah cara agar kamu muda akrab dengan wayang dengan pendekatan kontemporer.

Atas kreasinya tersebut ia kerap mendapat undangan pentas di manca negara.Ki Catur Benyek juga berkolaborasi dengan Sekber Keistimewaan DIY memunculkan wayang republik. Yakni wayang kulit dengan lakon para tokoh pendiri bangsa seperti Bung Karno, Bung Hatta, Sri Sultan HB IX, Pakualam VIII, Jendral Sudirman hingga tokoh antagonis Kolonel Van Langen. Ceritanya tentang masa-masa perjuangan merebut dan menegakkan kemerdekaan NKRI.

(DEN)

Taman Denggung raih peringkat Ruang bermain Anak (RBA) Madya

Previous article

LINTAS KOTA : Akibat Bullying, Remaja Bisa terkena Gangguan Jiwa

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja