Kab SlemanKota JogjaNews

12 potensi bencana incar DIY

0
susur sungai anak
BPBD DIY Minta Masyarakat Siap hadapi Potensi Bencana

Starjogja.com, Jogja – Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Daerah Istimewa Yogyakarta mengingatkan masyarakat bahwa wilayah setempat memiliki 12 ancaman bencana alam sehingga dibutuhkan kesiapsiagaan mereka.

“Wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) yang meliputi lima kabupaten/kota memiliki sejarah panjang kebencanaan dan secara geografis, geologis, serta hidrometeorologis memiliki karakteristik alam yang menyimpan 12 ancaman bencana,” kata Sekretaris BPBD DIY Heru Suroso di Sleman, seperti dilansir dari Antara.

Menurut Heru, salah satu upaya pengurangan risiko bencana yang bisa dilakukan adalah dengan meningkatkan pengetahuan masyarakat untuk dapat mengenali, memahami, menyadari jenis ancaman bencana di sekitarnya.

Ia mengatakan dari 438 desa yang ada, 301 desa merupakan desa rawan bencana yang di antaranya terdapat di wilayah Kabupaten Sleman.

Sementara itu Wakil Bupati Sleman Sri Muslimatun mengatakan paradigma penanggulangan bencana tidak lagi dititikberatkan pada penanganan kedaruratan.

Ia mengatakan mitigasi bencana harus menjadi bagian dari budaya dan kearifan lokal masyarakat Sleman. Oleh karena itu, pembinaan dan pelatihan cara penanggulangan bencana harus dimulai sejak dini.

Menurut dia, mitigasi bencana harus diperkenalkan dan diajarkan di bangku sekolah, bahkan sejak jenjang yang paling bawah. (Am)

Dinkes Sleman terima ISO 9001:2015

Previous article

Harga gas non subsidi naik sampai 10.000

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman