Kab SlemanNews

PDAM Sleman Tanam 1000 pohon di Lereng Merapi

0

STARJOGJA, SLEMAN – Gerakan penghijauan di Lereng Merapi terus digalakkan, tidak ketinggalan PDAM Sleman memperingati HUT yang ke 25, mengadakan kegiatan penanaman 1000 pohon. Acara dilaksanakan Jum’at, 17 November 2017 di Plunyon Umbulharjo Cangkringan Sleman, dihadiri oleh Bupati Sleman, Dewan Pengawas PDAM, Assek III,  Asiter KODIM Sleman, Kepala Dinas dan Instansi di lingkungan Pemkab Sleman serta karyawan PDAM. Kegiatan ini juga mendapat dukungan dari KODIM 0732 Sleman yang mengerahkan 1 pleton SST.

Direktur Utama PDAM Sleman Dwi Norwanta, menyampaikan, kegiatan ini merupakan puncak dari rangkaian kegiatan dalam rangka peringatan HUT yang ke 25  PDAM Sleman. 1000 pohon ditanam dilingkungan ini dan jenis tanaman disesuaikan dengan endemik yang ada di taman nasional gunung Merapi. Kegiatan ini bertujuan untuk menjaga kelestarian alam dan menjaga ketersediaan sumber air di lereng Merapi.

 Bupati Sleman secara simbolis menanam pohon Puspa didampingi Direktur Utama PDAM Sleman, Dewan Pengawas PDAM serta pejabat lainnya. Dilanjutkan oleh Direktur Utama PDAM Sleman, Tim Penggerak PKK Sleman dan pejabat lain serta dilakukan serempak oleh Karyawan Karyawati PDAM Sleman, Jajaran TNI dari KODIM 0732 Sleman serta masyarakat sekitar lereng Merapi.

Sementara itu Kepala Balai Taman Nasional Gunung Merapi Ir Ari Nurwanti menyampaikan sampai dengan 2019 ada sekitar 450 Ha lahan di lereng Merapi yang perlu dihijaukan kembali akibat terkena Erupsi Merapi 2010 dan saat ini baru mencapai 90 Ha, sehingga masih perlu upaya dan partisipasi semua pihak untuk mengembalikan lereng Merapi agar pulih kembali. Upaya yang dilakukan ada 3 macam yakni restorasi, rehabilitasi dan suksesi dalam arti tanaman tumbuh kembali dengan sendirinya dan dibiarkan saja akan tumbuh seperti tanaman Akasia debora karena bijinya tahan terhadap awan panas begitu awan panas selesai kena hujan bisa tumbuh dengan sendirinya.(DEN)

Perlintasan Janti : Pusat Menolak Usulan Diskresi Sultan

Previous article

Ini dia Penyakit Yang Muncul karena Makan Terburu-buru

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman