Kab SlemanNews

Di DIY jumlah kerugian bencana akibat musim hujan sudah mencapai 1 miliar

0
warga waspada
Ilustrasi kerusakan angin kencang

Starjogja.com, Jogja – Musim hujan sudah tiba, Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memprediksi puncak musik hujan pada Bulan Februari. Meski musim hujan baru saja masuk, untuk wilayah DIY, ternyata bencana alam yang diakibatkan datangnya musim hujan ini sudah banyak terjadi.

Kerugian akibat bencana alam selama musim hujan di DIY sudah mencapai lebih dari Rp1 milliar. Lokasi yang paling terdampak ada di Kabupaten Sleman, Bantul, dan Kulonprogo. Sleman tercatat sebagai wilayah dengan jumlah kejadian terbanyak yakni 60 kasus, Bantul ada 27 kejadian, dan Kulonprogo 10.

Pelaksana Tugas (Plt) Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DIY Krido Suprayitno mengatakan, Ia menghitung jumlah kerugian yang dialami, khusus untuk Sleman saja kerugian yang diderita mencapai Rp900-an juta. Sementara, jika diakumulaksikan dengan yang terjadi di Bantul dan Kulonprogo, nominalnya mencapai di atas Rp1 miliar.

Sedangkan untuk mencegah kerugian semakin banyak, ia mengimbau para pemangku kebijakan di ketiga wilayah itu untuk semakin bersiap. Pasalnya, dari data Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) DIY, puncak musim hujan terjadi pada Februari dan dimulai pada Desember. Namun, nyatanya bulan ini saja curah hujan sudah cukup tinggi.

 

(Am)

Pernikahan Lady Gaga akan digelar mewah dan unik lala Gaga

Previous article

Musim tanam tiba, stok pupuk bersubsidi di DIY aman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman