Kota JogjaNews

NYAI resmi membuka Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2017

0

STARJOGJA, JOGJA – Perkembangan dunia perfilman Asia terus meluas dan tidak mengenal batas. Sebagai satu – satunya Festival di Indonesia yang berfokus pada fenomena perfilman Asia, Jogja-NETPAC Asian Film Festival yang ke-12 memutuskan memilih “Fluidity” sebagai tema festival. Berbeda dengan tahun sebelumnya, pelaksanaan JAFF tahun ini jauh lebih lama yaitu sepanjang 1-8 Desember 2017 di berbagai tempat seperti Taman Budaya Yogyakarta, Cinema XXI dan CGV Cinemas.

Perhelatan Jogja-NETPAC Asian Film Festival telah resmi dibuka dengan menggelar upacara pembukaan pada 1 Desember 2017 pukul 19.00 WIB di Taman Budaya Yogyakarta. Rangkaian upacara pembukaan ini akan diawali dengan sambutan dari berbagai pihak seperti Budi Irawanto selaku Direktur Festival JAFF, Endah Wahyu (BEKRAF), Choi Yoon (Busan Film Commission), Tsukamoto (Japan Foundation) dan Garin Nugroho selaku pembuat film Nyai.

Sebelum menyaksikan suguhan utama JAFF pada upacara pembukaan, penonton diberi kejutan dengan penampilan video mapping di dalam gedung Societed Taman Budaya Yogyakarta. Hadir dengan syair macapat Maskumambang, puisi Jawa tersebut diterjemahkan oleh sekelompok seniman muda Jogja dengan latar disiplin seni yang berbeda-beda. Turut hadir dalam penampilan tersebut, Paksi Raras Alit (Penyanyi), Sekar Sari (Penari/Aktris), Raphael Dhony (Motion Director), Dhanak Pembayun (Music Director), dan Banjar Triandaru (Lighting Designer). Pertunjukan kolaborasi ini adalah salah satu bentuk bagaimana seni itu sangat cair (fluid) sama halnya dengan sinema yang pada perkembangannya adalah hasil dari berbagai disiplin kesenian.

Pada puncak acara, penonton disuguhkan dengan pemutaran film pembuka Nyai karya Garin Nugroho. Film ini menuturkan pergulatan seorang perempuan menghadapi deraan hidup dengan daya tahan yang lentur. Film ini juga mencerminkan betapa sinema memiliki kelenturan dalam bersenyawa degan beragam cabang seni lain seperti tai, tarik suara dan drama serta menunjukkan kemampuan menemukan kebarunnya

Natal dan Tahun Baru : 6 KA Ekstra Tambahan Disiapkan

Previous article

NYAI Resmi Membuka Jogja-NETPAC Asian Film Festival 2017

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja