Kota JogjaNews

UMKM Harus Pahami Aturan Ekspor

0

STARJOGJA, JOGJA – Bila dibandingkan dengan produk-produk merek ternama, produk-produk UKM juga tak kalah berkualitas.

Ketua Task Force Agregator Konsolidator dan Pemberdayaan UKM-IKM Ekspor Ira Damayanti dalam Seminar “Standar Export Produk UMKM” yang menjadi bagian dari Grebeg UMKM Jogja Sambut Bandara Baru mengatakan sudah saatnya produk-produk UKM berkualitas memperluas pemasarannya hingga ke mancanegara.

Menurutnya, Setelah kualitas produk ditingkatkan,maka pangsa pasar pun harus diperluas.Bahkan, harus bisa menembus pasar global.Untuk itu, para pelaku UKM bisa kerja bersama berbagai pihak,tak terkecuali dengan Diaspora Indonesia, yang tentu sudah memiliki jaringan luas dan tahu kebutuhan negara tujuan ekspor.Pelaku UMKM juga harus memahami aturan ekspor impor di negara tujuan.

Seperti diketahui, UMKM bisa disebut sebagai tulang punggung bagi perekonomian nasional. Hal ini terlihat dari kontribusi terhadap PDB yang mencapai 61-41%, namun kontribusi terhadap ekspor masih rendah, hanya mencapai 15,7% .Jumlah ini masih lebih rendah apabila dibandingkan dengan negara-negara lain, seperti Vietnam, Thailand.(MJ/DEN)

Peringatan Hari Cinta Puspa dan Satwa Nasional Digelar di Sleman

Previous article

UMKM Harus Manfaatkan Pemasaran Digital

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja