JogjaKUUniknya Jogja

Gereja Kidul Loji : Gereja Londo Saksi Penyebaran Katolik di Jogja

0

STARJOGJA, JOGJA – Dari sekian banyak bangunan gereja Katolik di Yogyakarta, Gereja Santo Fransiscus Xaverius yang terletak di Jalan Panembahan Senopati 22 ini merupakan gereja tertua di Yogyakarta. Secara resmi penggunaan gereja, yang juga dikenal dengan sebutan Gereja Kidul Loji, ini dilaksanakan pada tanggal 7 Juni 1871. Jadi, gereja ini telah berusia sekitar 141 tahun.

Disebut juga Gereja Kidul Loji karena posisinya memang berada di sisi selatan kompleks loji atau bangunan/gedung milik Belanda. Sebelum Gereja Santo Fransiscus Xaverius Kidul Loji dibangun, Pater YB Palinckx, SJ lebih dulu membangun pastoran.

Nama Santo Fransiscus Xaverius digunakan untuk nama gereja ini dengan alasan untuk mengenang pembaptisan pertama yang dilakukan di tempat ini yang terjadi pada tanggal 3 Desember 1812. Dalam sistem kalender gerejani tanggal 3 Desember dikenal sebagai hari hari raya atau pesta Santo Fransiscus Xaverius.

Pada masa awal gereja ini lebih sering digunakan oleh orang-orang Belanda sekalipun sebenarnya terbuka untuk seluruh umat. Sampai pada kedatangan Jepang, Gereja Kidol Loji masih digunakan oleh orang-orang Belanda. Seiring dengan pendudukan Jepang, Gereja Kidul Loji yang dulunya digunakan oleh orang-orang Belanda itu menjadi sepi. Gereja ini akhirnya menjadi gereja kedua setelah Gereja Santo Yusup Bintaran dan masuk dalam wilayah Paroki Bintaran. Akan tetapi pada tahun 1968 Gereja Santo Fransiscus Xaverius kembali menjadi paroki.(DEN )

sumber gambar : http://www.jadwal-misa.info

Judika Luncurkan Single Natal Telah Tiba

Previous article

Masjid Panepen Kraton Yogyakarta, dari Ijab Kabul Sampai Tempat ‘Nyepi’ Raja

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in JogjaKU