Kab SlemanNews

Harga beberapa bahan pangan di Sleman mengalami kenaikan

0
Pasar Prambanan
Ilustrasi Pasar Tradisional

Starjogja.com, Sleman – Sejumlah bahan pangan mengalami kenaikan harga berdasarkan pantauan Pemkab Sleman. Hal itu dipicu pasokan yang menurun karena faktor cuaca, sedangkan kebutuhan masyarakat relatif meningkat.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Sleman Endah Tri Yitnani mengatakan, secara umum ada tren kenaikan dibandingkan harga rata-rata pada bulan sebelumnya. Bahan pangan yang dimaksud antara lain cabai rawit merah, telur ayam, kubis, dan beras IR II. Kenaikannya bervariasi mulai dari 7% hingga 65%, tertinggi untuk tomat.

Hujan juga menggangu distribusi dan mempercepat proses pembusukan sayuran dan cabai. Sementara, untuk telur, Endah menilai kenaikannya sudah terjadi beberapa waktu belakangan karena rendahnya produksi di tingkat peternak. Apalagi, jumlah permintaan bertambah karena banyaknya perayaan selama akhir tahun ini.

Namun, ia meyakinkan jika ketersediaan barang kebutuhan pokok tetap terjaga dan masyarakat tidak perlu khawatir. Untuk tabung gas LPG 3 kilogram juga diklaim aman karena adanya kuota fakultatif sebanyak 71.560 tabung dari kuota reguler 922.120 tabung.

(Am)

Hati-hati saat berkendara, pagi tadi 2 korban meninggal dalam kecelakaan di JJLS

Previous article

Kurang nafkah, medsos dan handphone menjadi foktor naiknya perceraian di Bantul

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman