Kota JogjaNews

15 Ogoh-Ogoh Akan Meriahkan Pawai Budaya Jelang Nyepi

0

STARJOGJA.COM, JOGJA – Sebanyak 15 ogoh-ogoh akan memeriahkan pawai budaya yang digelar di sepanjang Jalan Malioboro Yogyakarta Sabtu (10/3) sebagai bagian dari rangkaian kegiatan menjelang perayaan Hari Raya Nyepi.

“Ogoh-ogoh ini akan ditampilkan oleh Keluarga Mahasiswa Hindu Darma (KMHD) dari berbagai perguruan tinggi yang ada di DIY,” kata Koordinator Pawai Budaya I Nyoman Santiawan di Yogyakarta, Kamis.

Menurut dia, kegiatan pawai budaya yang menampilkan ogoh-ogoh di sepanjang Malioboro menjelang perayaan Hari Raya Nyepi merupakan kegiatan rutin tahunan yang diselenggarakan sejak empat tahun lalu.

Nyoman menyebut, kegiatan tersebut digelar karena antusias masyarakat yang cukup tinggi terutama warga di sekitar pura setiap menjelang perayaan Nyepi saat umat Hindu membakar ogoh-ogoh sebagai simbol menghilangkan seluruh sifat buruk atau negatif manusia.

“Dan setiap kali kegiatan pawai digelar di Malioboro, masyarakat pun selalu menyambut dengan antusias. Harapannya, kegiatan ini juga bisa mendukung pariwisata,” kata Nyoman yang memberikan batasan ukuran ogoh-ogoh kepada setiap peserta pawai yaitu maksimal tinggi tiga meter dan maksimal lebar tandu pembawa 2,5 meter.

Ogoh-ogoh yang akan ditampilkan, lanjut dia, biasanya berbentuk raksasa atau ditampilkan dari tokoh di dalam cerita Mahabarata atau Ramayana, misalnya tokoh Sugriwa dan Subali.

Selain menampilkan ogoh-ogoh, pawai budaya dengan tema memantabkan kerukunan dan persaudaraan sejati tersebut juga akan menampilkan Kereta Jaganat dan diikuti oleh kelompok lintas agama. ( ANTARA)

Ini Wilayah Yang Terkena Pemadaman Pada Jumat 9 Maret

Previous article

Game Angry Birds Mulai Ditinggalkan Fans

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja