Kota JogjaNews

Mafindo Gandeng UIN Lawan Hoax

0
Mafinfo : Jangan Mudah Terseret Informasi Politik Sensasional

STARJOGJA.COM,JOGJA – Turut menyumbang literasi digital di era pasca kebenaran dan tahun pemilu Indonesia, Masyarakat Antifitnah Indonesia/Mafindo bekerja sama dengan Himpunan Mahasiswa Program Studi Ilmu Komunikasi Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Kalijaga menyelenggarakan Seminar Be A Hoax-free Millennial Moslem!

Selain untuk mewadahi mempertajam aspirasi dan animo mahasiswa atas kerja melawan hoaks, seminar juga bertujuan menyumbang upayaintensif dan massif untuk mencegah dan melawan penyebaran hoaks, fitnah, dan hasutan. Upaya ini diletakkan dalam konteks sosok UIN Suka sebagai salah satu rumah komunitas yang mayoritas Muslim.

Seminar diselenggarakan pada Rabu, 4 April 2018 di Ruang Interactive Centre Gedung Fakultas Ilmu Sosial dan Humaniora (FISHUM) UIN SunanKalijaga. Dalam perhelatan ini juga akan dilakukan pelantikan pengurus Komisariat Mafindo diUIN Sunan Kalijaga serta pembacaan deklarasi antihoaks.

“Kami melihat deklarasi dan seminar serta pembentukan Komisariat Mafindo di UIN Sunan Kalijaga ini menjadi perwujudan respon positif-selaras civitas akademika, terutama mahasiswa UIN Sunan Kalijaga, atas prakarsa deklarasi antihoaks yang dilakukan oleh UIN Sunan Kalijaga sebagaimana lembaga di lingkungan Kemenag RI belum lama ini,”tambah Valentina Sri Wijiyati, Koordinator Mafindo Yogyakarta.

Mafindo yang menjadi mitra penyelenggaraan seminar ini didirikan sebagai komunitas volunteer pada November 2016, saat ini Mafindo sudah hadir di 18 kota Indonesia. Dengan lebih dari 200 orang relawan aktif yang majemuk, Mafindo mengembangkan aplikasi Hoax Buster Tools (HBT) yang sudah tersedia di Google Play Store, bekerja bersama Facebook dan Google, serta menginisiasi jejaring Asia Pacific Factchecker Network sebagai upaya untuk melakukan cek fakta antar negara
(Cross Border Debunking). Pada 16 Maret 2018, Mafindo diundang Parlemen Singapura menyumbang gagasan untuk kerja melawan hoaks di Singapura.

Jejak Kaki Dinosaurus Berusia 170 Juta Tahun Ditemukan di Skotlandia

Previous article

Alami Sedimentasi, Waduk Sermo Kehilangan Seperlima Area Penampung Air

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja