Kota JogjaNews

Perlu Tambahan Kantong Parkir Untuk Dukung Kawasan Pedestrian Malioboro

0
pedagang malioboro
Ilustrasi Malioboro

Starjogja.com, Jogja – Rencana Malioboro dijadikan kawasan semi pedestrian mendapat dukungan dari beberapa pihak, salah satunya adalah Kepolisisan Daerah Istimewa Yogyakarta. Namun Polda DIY meminta Pemerintah Daerah (Pemda) DIY menambah kantong parkir di sirip-sirip Malioboro terlebih dahulu, sebelum kawasan itu benar-benar disterilkan dari kendaraan bermotor.

Direktur Ditlantas (Dirlantas) Polda DIY Kombes Pol Latif Usman mengatakan, penambahan kantong parkir perlu dilakukan demi kenyamanan pengunjung. Sirip-sirip Malioboro adalah satu lokasi yang tepat untuk dijadikan kantong parkir baru.

Menurutnya, pilihan mengoptimalkan sirip-sirip Malioboro merupakan salah satu opsi yang bisa ditempuh Pemda DIY. Dengan demikian, wisatawan yang datang menggunakan kendaraan pribadi tidak perlu berjalan kaki terlalu jauh.

Peran moda transportasi tradisional seperti becak dan andong, sebutnya, juga perlu diperkuat. Becak dan andong bisa digunakan sebagai kendaraan pengangkut dari kantong parkir menuju Malioboro. Dengan demikian, ekonomi kerakyatan juga ikut tumbuh.

Latif sangat mendukung rencana Pemda DIY yang ingin menjadikan kawasan Malioboro bebas kendaraan bermotor, kecuali Trans Jogja dan kendaraan yang mengakut tamu-tamu penting. Tapi sebelum diterapkan, kebijakan tersebut perlu diuji coba terlebih dahulu. (AM|Sumber: Harianjogja.com)

Pemkot Akan Tambah RTH Gunakan Dana APBDP

Previous article

Sleman Evaluasi Mandiri dan Pendampingan Kabupaten Layak Anak

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja