Kab SlemanNews

Aparat Sleman Didorong Gunakan VLog Untuk Sebar Informasi

0
STARJOGJA.COM,SLEMAN – Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Sleman menyelenggarakan pelatihan vlog selama 3 (tiga) hari penuh di Sleman Creative Space, Depok, Sleman. Pelatihan vlog ini untuk memaksimalkan penyebarluasan informasi dan potensi-potensi di Sleman yang belum tergali.
Berlangsung 17-19 April, pelatihan ini diikuti 150 peserta dari perangkat daerah, pemerintah desa, dan kelompok informasi masyarakat serta menghadirkan narasumber Dony Ignazio dan Yoga, kreator-kreator vlog yang tergabung dalam Sleman Creative Community.
Menurut Dony, banyak sekali faktor yang mempengaruhi sebuah vlog bisa digandrungi atau tidak. “Membuat vlog memang gampang-gampang susah, ada vlog yang sederhana bahkan terkesan amatiran tetapi memiliki viewer luar biasa banyak di sisi lain ada vlog yang dibuat secara profesional tetapi sedikit yang menonton,” terangnya, Selasa (17/4).
Dalam pelatihan ini Dony mencontohkan bagaimana membuat vlog yang mudah tetapi mampu menghadirkan kualitas audio visual yang bagus dan layak untuk ditonton. Salah satu yang memegang peranan penting adalah tahapan pra-produksi atau persiapan. Mulai dari mempersiapkan tema, materi, sampai mempersiapkan peralatan.
“Jangan lupa mempersiapkan alat-alat bantu yang digunakan untuk proses perekaman video seperti apabila kita ingin membuat vlog yang tipenya adalah tutorial yang membutuhkan alat-alat bantu, seperti tutorial memasak misalnya, pastikan semua alat dan bahan untuk memasak tersedia terlebih dahulu,” tambahnya.
Terkait apakah vlog yang selama ini dikenal personal cocok sebagai media komunikasi pemerintah, menurut Dony sangat dimungkinkan dengan syarat harus dipersiapkan dulu tema, konsep, materi dan gaya bahasa yang disesuaikan dengan aturan pemerintahan. “Bukan berarti bahasanya harus kaku dan formal. Menurut saya gaya bahasa santai pun tidak masalah,” tutupnya.(DEN)

Beginilah Cara Merawat Perhiasan Emas Anda

Previous article

PT.KAI Daop VI Siap Angkut Pemudik di Lebaran 2018

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman