Kab SlemanNews

BMKG Bantah adanya Isu Badai Cempaka Yang Ke Arah DIY

0
Sesar Opak
Logo BMKG

STARJOGJA.COM, JOGJA – BMKG Yogyakarta mengklarifikasi isu adanya Badai Tropis Cempaka yang mengarah ke DIY. Dalam keterangan tertulisnya, BMKG memastikan isu tersebut tidak benar.

Kepala Stasiun Klimatologi BMKG Yogyakarta, Agus Sudaryatno menegaskan Badai Tropis Cempaka yang terjadi tahun lalu, sudah dinyatakan punah dan setiap nama badai yang telah punah tidak akan digunakan lagi oleh BMKG.

Ia juga mengatakan, saat ini tidak terpantau adanya badai tropis di Samudera Hindia selatan DIY dan Jawa Tengah dikarenakan belahan Bumi Selatan merupakan pusat tekanan udara tinggi sehingga di wilayah DIY dan Jawa Tengah bertiup angin timuran yang bersumber dari Benua Australia.

Pasca terjadi puting beliung selasa siang maka potensi untuk terbentuk kembali sangat kecil. Penyebabnya adalah kondisi dinamika atmosfer seperti intensitas penyinaran matahari, suhu permukaan bumi dan pola angin di lapisan bumi bagian bawah tidak signifikan sehingga tidak mendukung untuk terbentuk puting beliung kembali.

BMKG mengimbau kepada masyarakat DIY dan Jawa Tengah untuk tidak percaya dengan berita tersebut dan tidak menyebarluaskan ke pihak manapun dengan mengunakan media apapun.(DEN)

Jaga Kebersihan Kawasan Wisata, Bantul Lakukan Pembersihan Dengan Keroyokan

Previous article

Pendaftaran Dibuka, 5 Calon DPD Sudah Mendaftaran ke KPU DIY

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman