Kota JogjaNews

Cara Tanam Baru,Anggrek Hidroponik

0
Bunga Anggrek di Kotabaru

STARJOGJA.COM, JOGJA – Bagi pecinta bunga anggrek saat ini tidak perlu lagi menyiram bunga cantik itu setiap hari. Sebab, tanaman hias di rumah-rumah itu bisa dikembangkan dengan sistem hidroponik atau budidaya menanam dengan memanfaatkan air tanpa menggunakan tanah, dengan menekankan pada pemenuhan kebutuhan nutrisi bagi tanaman.

Wakil Dekan II Fakultas Pertanian Universitas Janabadra Yogyakarta Kadarsa mengatakan saat ini dirinya sudah melakukan pengembangbiakan anggrek dengan hidroponik. Anggrek jenis Dendrobium, Cattleya, Bulan hingga Grammatophyllum sudah diujicobakan dengan sistem hidroponik.

“Kalo jenis bulan memang masih spesifik, setahun ini bisa, ini sudah tahun kedua,” katanya beberapa waktu lalu kepada Starjogja.com.

Kadarsa mengatakan ide mengembangbiakkan anggrek dengan hidroponik ini muncul saat tidak ada orang yang menyirami anggreknya di rumah selama 4 hari dan mendapati anggreknya mati. Lalu, beberapa pakar anggrek menyatakan anggrek tidak bisa hidup dengan sistem hidroponik.

“Selain itu ada omongan, ga mungkin anggrek bisa hidup dengan sistem hidroponik. Lalu saya tertantang dan ternyata bisa hidup. Pertama di air tenang,” katanya.

Saat ini ia sedang menyiapkan penelitian selanjutnya terkait pengembangbiakan anggrek dengan sistem hidroponik. Berbagai jenis anggrek sedang diujicobakan dengan sistem hidroponik.

“Jadi yang senang dengan anggrek tidak perlu lagi menyirami, kalo dari benih sampai berbunga itu cukup lama bisa tahunan, memang lama makanya itu kepuasan pecinta anggrek,” katanya.

Gelombang Tinggi Rusak Kapal dan Infrastruktur Wisata Pantai Gunungkidul

Previous article

Yuk Cobain Mie Ayam Rendang Tresno

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja