Kota JogjaNews

ACT DIY Berangkatkan Lima Truk Angkut Logistik ke Lombok

0
ACT DIY Berangkatkan Lima Truk Angkut Logistik ke Lombok
Truk Kemanusiaan ACT DIY ( FOTO : Humas ACT DIY)

STARJOGJA.COM, JOGJA – Aksi Cepat Tanggap (ACT) DIY, Jumat (10/08/2018), mengirimkan bantuan kemanusiaan untuk membantu korban gempa di Lombok Nusa Tenggara Barat. Langkah Ini didasari pengalaman masyarakat DIY yang pernah mengalami getirnya musibah gempa 27 Mei 2016, 12 tahun silam.

“Masyarakat Yogyakarta tahu persis bagaimana rasanya berjuang sebagai korban dengan segala keterbatasan. Sebab itu sebagai wujud kepedulian, masyarakat Yogyakarta mendukung penuh bantuan logistik maupun dukungan moril,” ungkap Agus Budi Hariyadi, Kepala Cabang ACT DIY.

Truk Kemanusiaan berangkat dari Yogyakarta menuju Pelabuhan Ketapang Banyuwangi.Pengiriman bantuan melalui jalur darat diharapkan dapat memberi pesan kebaikan kepada masyarakat Indonesia untuk lebih peduli terhadap warga Lombok yang terkena bencana.

Tak hanya itu, dijadwalkan bertepatan dengan HUT RI, atas sinergi TNI dan ACT, Kapal Kemanusiaan Lombok diberangkatkan dari Pelabuhan Tanjung Priok Jakarta membawa 1.000 ton bantuan terbaik.

ACT bersama masyarakat Indonesia sampai setidaknya tiga bulan ke depan terus berikhtiar mendampingi para korban terdampak dengan berbagai upaya penanganan darurat bencana serta pemenuhan logistik bagi para korban. Bantuan dari berbagai arah akan dikerahkan baik lewat darat, laut maupun udara sebagai wujud kepedulian dan dukungan penuh terhadap masyarakat Lombok.

Sebelumnya, Koordinator Tim Emergency Response Aksi Cepat Tanggap di Lombok, Kusmayadi, Rabu (08/08/2018), melaporkan, jumlah korban tewas mencapai 381 jiwa, sementara ribuan lainnya mengalami luka-luka.

Jumlah korban meninggal terbanyak berasal dari wilayah Lombok Utara. “Diperkirakan jumlah ini bertambah karena proses evakuasi korban dari reruntuhan terus dilakukan, karena masih banyak daerah terisolasi akibat rusaknya akses jalan dan jembatan,” kata Kusmayadi.

Rawan akan gempa susulan, ribuan warga tak bisa kembali ke rumah mereka dengan aman. Rumah mereka telah rata dengan tanah atau mengalami kerusakan ringan hingga sedang. Akibatnya mereka harus menempati tenda-tenda darurat dengan sedikit perbekalan bahkan sebagian pengungsi masih dalam kondisi terluka.

Masifnya dampak gempa mengakibatkan besarnya tingkat kebutuhan akan bantuan darurat. Persediaan makanan diperkirakan menipis mengingat banyak toko dan infrastruktur yang hancur, sementara akses jalan menuju Lombok kebanyakan rusak. Belasan desa tersebar di Lombok Utara dan Lombok Timur masih ada yang belum tersentuh bantuan.

IDI-RSPAD akan segera serahkan hasil pemeriksaan capres-cawapres

Previous article

Wow , John Legend dan Istri Ketagihan Ayam Goreng Restoran Siap Saji Lokal di Bali

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja