Kab SlemanNews

Kontes Kambing Kaligesing diserbu Peserta dan Pengunjung

0
Kontes Kambing Kaligesing 'Piala Raja 2018'
Kontes Kambing Kaligesing 'Piala Raja 2018' ( fFOTO : Humas BI)

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Kontes Kambing Kaligesing ‘Piala Raja 2018’ diserbu peserta dan pengunjung. Bank Indonesia (BI) DIY mendorong peningkatan pariwisata melalui pembinaan terhadap Kampung Ternak Kambing Nganggring, Girikerto, Kecamatan Turi, Kabupaten Sleman.

Kontes Kambing Kaligesing ‘Piala Raja 2018’, jadi langkah nyata dukungan BI DIY. Acara yang digelar Minggu (23/9) menyedot perhatian lebih dari 1.000 peserta dan pengunjung.

“Kampung Ternak Nganggring dapat menjadi contoh sukses keberhasilan pengelolaan klaster kambing secara end to end process ,” kata Kepala Perwakilan BI DIY, Budi Hanoto,dalam keterangan tertulisnya pada Starjogja.com.

Menurutnya, Ternak Mandiri Nganggring yang terdiri dari peternakan kambing Peranakan Etawa (PE), home industry pengolahan susu kambing PE, dan perkebunan salak merupakan potensi pariwisata baru dari Padukuhan Nganggring yang ditawarkan kepada masyarakat.

Budi menjelaskan, terbentuknya Kampung Ternak Kambing Nganggring diawali dari pembinaan terhadap Kelompok Tani Ternak Mandiri Nganggring yang merupakan salah satu penerima manfaat program local economic development (LED) BI DIY sejak 2016.

Saat ini, lanjut dia, kegiatan bisnis yang dijalankan Kelompok Tani Ternak Mandiri Nganggring telah menunjukkan peningkatan yang relatif signifikan. Hal ini ditandai adanya Integrated Farming System antara peternakan kambing dengan perkebunan salak, sehingga tidak hanya melakukan kegiatan beternak kambing secara komunal.

“Diharapkan ke depannya, koordinasi yang baik dengan Pemkab Sleman dan pihak-pihak terkait dapat mendorong terciptanya Padukuhan Nganggring menjadi salah satu objek wisata edukasi pilihan keluarga yang dikenal luas hingga ke seantero negeri,” kata Budi.

Bank Umum Paling Banyak Diadukan ke OJK

Previous article

Asian Para Games dan Spesial Suara Putri

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman