Kab SlemanKota JogjaNews

BMKG: Peningkatan Suhu Udara Merupakan Peristiwa Normal

0
unesco sumbu filosofi
Ilustrasi Tugu

STARJOGJA.COM, JOGJA – Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Jogja menyatakan perkembangan peningkatan suhu udara yang dirasakan oleh masyarakat merupakan peristiwa normal selama Oktober 2018, sehingga tidak perlu memunculkan keresahan.

Menghadapi peningkatan suhu udara yang diperkirakan masih akan berlangsung hingga akhir Oktober 2018, Djoko mengimbau masyarakat mengurangi kegiatan di luar ruangan, khususnya pada siang hari.

“Agar banyak minum air putih untuk menghindari dehidrasi, makan buah dan sayuran untuk meningkatkan daya tahan tubuh, serta tidak membakar tanaman kering karena dikhawatirkan akan merambat,” kata Kepala Kelompok Data dan Informasi Stasiun Klimatologi BMKG Jogja, Djoko Budiono mengutip Antara (10/10/18).

Baca juga: BMKG : Suhu Udara 20 – 32 °C

Kondisi yang terasa panas disebabkan pada bulan Oktober dan Februari posisi matahari sedang berada di kisaran atas wilayah Jawa sehingga praktis suhu udara akan terasa panas.

Menurut dia, pada siang hari wilayah Jogja memiliki suhu maksimum yang cukup tinggi, yaitu bisa mencapai 33-35 derajat celsius, sedangkan suhu udara minimum di malam hari juga cukup hangat sekitar 22-24 derajat celsius.

Secara umum kondisi iklim di DIY pada Oktober 2018 akan memasuki periode pancaroba, sedangkan untuk awal musim hujan akan masuk dimulai November 2018.

Oleh sebab itu, meski suhu udara masih berpotensi naik, menurut dia, hujan dapat muncul sewaktu-waktu, khususnya di bagian Utara dan Tengah DIY, seperti Sleman, Kulon Progo bagian Utara, Kota Yogyakarta, serta Bantul Utara.

“Hujan kategori ringan hingga sedang berpotensi terjadi, terutama di siang atau sore hari,” ujar Djoko.

Bayu

3.125 lowongan kerja tersedia di Job Fair UNY

Previous article

Ayo ke Festival Kuliner Nasi Goreng dan Sate

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kab Sleman