Kota JogjaNews

Jangan Lewatkan Hari Tanpa Bayangan Siang Ini

0
hari tanpa bayangan
Hari tanpa Bayangan ( FOTO : BMKG)

STARJOGJA.COM, JOGJA. Hari ini giliran Yogyakarta yang diperkirakan akan mengalami hari tanpa bayangan atau kulminasi utama matahari. Fenomena hari tanpa bayangan di Yogyakarta akan terjadi pukul 11.24 WIB.

Pada Selasa (9/10/2018), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) melalui akun twitternya mengumumkan bagian-bagian di Pulau Jawa yang mengalami hari tanpa bayangan lengkap dengan jam dan menitnya. Fenomena itu terjadi menjelang tengah hari.

Jangan takut atau merasa serem yah ketika kamu melihat bayanganmu hilang, Karena sebenarnya bayangmu tidak hilang hanya saja bertumpuk dengan badanmu sendiri. Kenapa bisa begitu? Yaps Karena matahari tepat berada di atas kepala kamu,” demikian cuitan akun BMKG, Selasa.

Oh iya bagi sobat yang berada di Bandung, Semarang, yogya dan surabaya kalian bisa mencobanya beberapa hari kemudian (liat infografis).” Demikian bunyi penutup dalam cuitan akun BMKG itu.

BMKG: Peningkatan Suhu Udara Merupakan Peristiwa Normal

Fenomena hilangnya bayangan disebut kulminasi. Kulminasi adalah titik tertinggi yang dicapai dalam peredaran semu Matahari mengelilingi Bumi. Peristiwa ini menyebabkan bayangan seolah-olah hilang, padahal ia hanya ada tepat di bawah objek.

Hari tanpa bayangan sudah terjadi kota-kota besar di Pulau Jawa, seperti di Semarang pada 11 Oktober pukul 11.25 WIB dan Surabaya 12 Oktober pukul 11.15 WIB. Juga terjadi di Bandung pada 11 Oktober, Serang dan Jakarta pada 9 Oktober.

 

Sekjend PBNU Sebut Pemilih Pilpres 2019 Sudah Cerdas

Previous article

Akhir Pekan Ini Cuaca DIY Cerah Berawan

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja