NewsNusantara

Desa Sumberarum dikukuhkan Sebagai Sentra Industri Tenun 

0
Desa Sumberarum dikukuhkan Sebagai Sentra Industri Tenun 
Ilustrasi Produksi Tenun

STARJOGJA.COM, SLEMAN – Desa Sumberarum dikukuhkan sebagai Sentra Industri Tenun . Desa yang ada di kecamatan Moyudan ini dikukuhkan sebagai sentra industri tenun menggunakan Alat Tenun Bukan Mesin (ATBM).

Bupati Sleman berharap setelah dikukuhkan sebagai Sentra Indutri Tenun, nantinya pengelolaan di tempat industri tersebut semakin kuat dan lebih baik lagi. Dia juga berharap para pengrajin tenun tetap menjaga kualitas produksi tenun agar dapat menjaga kepercayaan konsumen.

“Saya berharap, pengukuhan ini menjadi titik tolak untuk peningkatan kelembagaan dan pemberdayaan ekonomi serta industri kecil sehingga dapat menambah ragam kekayaan lokal di Sleman,” tambahnya.

Baca juga : Begini Cara Menjaga Kain Tenun agar Tetap Awet

Lebih lanjut Sri Purnomo mengatakan bahwa produk tradisional kini tengah menghadapi tantangan dari industri yang lebih modern. Bupati Sleman pun mendorong para pengrajin tenun untuk terus berkreasi serta menjaga kualitas produknya.

“Sekarang itu ada industri 4.0, yaitu dunia industri yang sudah bisa sampai mana-mana dengan memanfaatkan teknologi. Tapi jangan khawatir, industri tradisional seperti industri tenun ATBM ini selalu memiliki segmentasi pasar sendiri,” jelas Sri Purnomo.

Sebelumnya Pemerintah Kabupaten Sleman telah mengukuhkan sentra industri lainnya, diantaranya Sentra Industri Kerai Bambu Sidomoyo Godean, Sentra Industri Ragam Metal Sendangtirto Berbah, Sentra Industri Jamu Tradisional Merdikorejo Tempel, dan Sentra Industri Anyaman Bambu Sumberagung Moyudan.

Tim SAR Temukan Black Box Lion Air JT 610

Previous article

Jaket Michael Jackson Akan Dilelang di New York

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News