News

Melihat Desa Terbersih di Dunia, Desa Adat Panglipuran Bali

0
Desa Adat Panglipuran
Desa Adat Panglipuran (bayu)

STARJOGJA.COM, Info – Desa terbersih di dunia ada dimana ya? Jawabannya tentu ada di Bali, Indonesia. Desa Adat Panglipuran, yang ada di Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli, Provinsi Bali ini memiliki syarat disebut sebagai desa terbersih di dunia.

Desa Wisata Panglipuran Bali ini juga masuk dalam Sustainable Destinations Top 100 menurut Green Destinations Foundation. Kebersihan desa ini bisa menjadi contoh bagi desa lain di Indonesia terutama di DIY.

Agus Wirajaya Anggota DPRD Kota Denpasar mengatakan di Bali desa adat memiliki cara dalam mengelola desanya. Tidak hanya di Denpasar tapi juga di daerah lain di Bali.

“Di Bali, Desa adat punya aturan sendiri,” katanya Jumat 5 Mei 2024.

Sebagai desa terbersih tentu ketika datang pengunjung akan melihat pemandangan yang bersih. Kenyataan yang ada membuat banyak wisatawan rela datang ke desa yang membutuhkan waktu sekitar 1 jam 30 menit dari dari Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai.

“Lebih indah, menyenangkan dan lebih bagus dari fotonya. Bersih banget,” kata Izan salah satu pengunjung Desa Adat Panglipuran.

Saat di Desa Adat Panglipuran pengunjung juga tidak akan melihat di instalasi listrik menjuntai di jalan. Semua instalasi listrik dilakukan di bawah. Sehingga menambah estetika desa.

“Semua sudah diatur jadi keliatan bagus dan rapi,” kata Izan.

Desa Adat Panglipuran tidak hanya memiliki kekhasan dari sisi arsitektur tapi juga budayanya seperti halnya kuliner. Sebab kuliner ini juga menjadi daya tarik sendiri bagi wisatawan.

Jika Anda datang ke Desa Penglipuran maka wajib mencoba minuman loloh cemcem yaitu minuman khas yang terbuat dari daun cemcem atau kloncing. Minuman ini dijual di beberapa tempat di dalam desa Panglipuran.

 

Baca juga : Desa Wisata Nglangeran Peroleh Penghargaan Tingkat ASEAN

Bayu

Menlu RI Sebut Negara Anggota OKI Berutang Kemerdekaan Palestina

Previous article

Studi Banding ke Denpasar, Perhatian DPRD Sleman di Sektor Ini

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News