Flash InfoHealth

‘Atecin’, Sabun Kecantikan Karya Mahasiswa UNY

0
atecin
Tiga mahasiswi UNY menunjukkan karya mereka sabun herbal "atecin"

STARJOGJA.COM, JOGJA – ‘Atecin’, merupakan sabun kecantikan yang berbahan dasar dari pete cina atau lamtoro karya mahasiswa UNY. Sabun herbal ini  mempunyai manfaat untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Adalah Fatwaning Raras Pawestri dan Merita Dewi Kadarwati prodi pendidikan akuntansi, Nurhayati Wahyu Kurniasari prodi pendidikan kimia, Novita Permata Sari prodi pendidikan biologi serta Aprilia Ristianasari prodi tata rias dan kecantikan menyulap daun petai cina menjadi sabun herbal untuk mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Menurut Fatwaning Raras Pawestri, gagasan menciptakan sabun herbal ini karena dalam daun petai cina mengandung energi 128 kkal, protein 12 gram, lemak 6,5 gr, karbohidrat 12,4 gr, kalsium 500 mg, fosfor 100 mg, zat besi 3 mg, vitamin A 17.800 IU, vitamin B1 0,04 mg, dan vitamin C 64 mg.

Usaha ini bertujuan agar produk kecantikan berupa kosmetik badan yang tidak hanya cepat dalam mencerahkan, mengurangi kekusaman serta menghaluskan kulit namun juga menyadarkan masyarakat akan keamanan produk yang akan dikonsumsi oleh masyarakat itu sendiri.

Nurhayati Wahyu Kurniasari menjelaskan bahwa sabun petai cina itu diberi nama ‘Atecin’. Bahan yang dibutuhkan adalah natrium hidroksida, air suling, daun petai cina untuk disaring airnya, pewarna makanan alami, minyak kelapa, minyak sawit, minyak zaitun dan esential oil. Sedangkan alat yang dibutuhkan adalah kompor, oven, sendok blender, gelas plastik ukuran 8 oz, termometer digital dan cetakan sabun.

Cara membuatnya pertama kali buat campuran natrium hidroksida dengan air, kemudian buat campuran minyak kelapa, minyak sawit dan minyak zaitun sesuai ukuran yang sudah ditetapkan. Kedua racikan didiamkan. Panaskan minyak dalam oven atau kompor.

Campurkan racikan pertama dan kedua dengan spatula karet sebagai bantuan. Pastikan campuran tersebut dengan menggunakan tongkat blender hingga mengental kira-kira waktunya 3 menit, jika masih ada gelembung berarti percampuran belum sempurna sehingga aduk sampai sempurna. Setelah tercampur dengan sempurna lalu tambahkan pewangi, minyak esensial, air daun petai cina dan pewarna makanan untuk mendapatkan warna yang menarik.

Cetak dalam cetakan dan tunggu hingga mengeras. Setelah mengeras keluarkan dari cetakan dan dipacking dengan rapi untuk menarik minat pembeli.

Film Indonesia Berduka, Torro Margens Tutup Usia

Previous article

Ini Hidangan Khas Dalam Dhaup Ageng Pakualaman

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info