Flash Info

Beginilah Yang Harus Dilakukan Saat Mobil Mogok Karena Overheating

0
overheating
Overheating, foto carmudi.com.ph

STARJOGJA.COM, JOGJA – Pada saat mengalami masalah dengan mobil dan harus melakukan perjalanan penting maka kepanikan bisa saja terjadi. Namun ternyata kepanikan tidak akan memberikan solusi, yang perlu dilakukan adalah mengetahui permasalahan tersebut dan mencari solusi bagaimana mengatasinya.

Berikut adalah cara mengatasi mobil yang mengalami overheating, mobil bisa saja mengalami overheating dimanapun dan kapanpun, lalu bagaimana jika terjadi overheating mendadak ketika anda sedang dalam perjalanan. Mengutip showroommobil.co.id pada Sabtu (19/1/2019), ada beberapa cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi mobil yang mengalami overheating saat kita dalam perjalanan.

Baca juga : Kenali Tanda-tanda Overheating Pada Mobil Anda

1. Jangan Memaksa Kendaraan Anda

Ketika mobil terasa overheating, maka sebaiknya jangan memaksakan mobil terus dikendarai karena hanya menyebabkan kerusakan saja. Bila lampu kontrol menyala, hal itu menandakan jika kondisi mobil mengalami overheating. Jika sudah seperti ini maka terjadi kerusakan pada komponen mobil anda dan jangan berusaha untuk melanjutkan perjalanan.

2. Tepikan dan Matikan Mesin Mobil

Selanjutnya anda bisa menepikan mobil anda dan kemudian mematikan mesin kendaraan. Setelah dirasa agak dingin buka penutup agar mesin bisa cepat dingin.

3. Jangan Membuka Tutup Radiator Ketika Mesin Masih Panas

Jangan pernah membuka pentuup radiator ketika mesin masih dalam kondisi panas. Hal ini dikarenakan radiator berisikan air panas dengan tekanan yang tinggi, sehingga saat anda membukanya tentu saja akan terjadi semburan air panas yang mana dapat membahayakan anda. Sehingga tunggu mesin hingga dingin dan kemudian barulah anda buka penutup dari radiator.

4. Cek Air Radiator

Setelah kondisi mesin dingin barulah anda boleh membuka penutup radiator, setelah itu pastikan ketersediaan dari air yang ada di dalamnya. Namun meskipun mesin sudah dingin setelah mengalami overheating, tetap saja anda harus hati-hati saat akan membuka penutupnya. Putar perlahan dan tunggu hingga anda mendengar desis udara yang berasal dari dalam radiator. (baca juga: Cara Perawatan AC Mobil)

5. Tambahkan Air Radiator

Kemudian anda bisa menambahkan cairan radiator secara perlahan jika memang dirasa air di dalamnya berkurang. Gunakan cairan yang memang khusus untuk digunakan pada radiator yaitu coolant. Namun jika di dalam kondisi darurat persediaan coolant tidak ada, anda bisa menggunakan air biasa.

6. Cek Penyebab Dari Overheat

Setelah mobil mengalamo overheat, maka cobalah untuk mencari tahu penyebab lain mengapa mesin mobil mengalami overheating. Bila penyebabnya berasal dari kipas tambahan yang rusak, maka cobalah untuk memperbaikinya dengan cara memeriksa komponen relaynya. Bila penyebabnya berasal dari kebocoran pada pompa air, maka pastikan jika jumlah air yang keluar tidaklah terlalu banyak. Bila hal ini terjadi, mobil masih bisa direkomendasikan untuk berjalan hanya saja air radiator harus sesering mugkin ditambah, dan lainnya.

Mendagri Ajak Masyarakat Menebarkan Kedamaian

Previous article

Gunung Merapi Luncurkan 9 Kali Guguran Lava Pijar

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info