Peningkatan Sampah di Sleman Capai 500 Ton per Hari

0
16
peningkatan sampah
Sampah memenuhi Selokan Mataram di kawasan Kalasan

STARJOGJA.COM, Sleman – Seiring dengan pertumbuhan ekonnomi dan peningkatan jumlah penduduk, persoalan sampah tentunya mengalami peningkatan dari tahun ke tahun. Ditahun 2019, peningkatan sampah di wilayah Sleman mencapai 500 ton per harinya.

“Jenis sampah dari sampah organik seperti daun-daun dan tumbuhan atau tanaman, yang anorganik ada plastik, botol,” ujar Suryantana, Kepala Seksi Pengelolaan Persampahan Dinas Lingkungan Hidup Sleman Selasa (22/01/2019).

Terkait persoalan peningkatan jumlah sampah, DLH merencanakan untuk membuat pola pemberdayaan masyarakat dengan cara membentuk bank-bank sampah di tingkat dusun dan membangun bangunan TPS 3R ( Reduce, Rause, Recycle ) untuk tingkat desa.

Baca Juga : Sampah Malam Tahun Baru, ini Langkah Pemkot Jogja

“Dengan melibatkan masyarakat dapat mengurangi sampah dan membantu pemerintah dalam menangani sampah,”Jelasnya.

DLH Sleman juga berusaha untuk mengatasi pembuangan sampah ilegal dengan cara mengedukasi masyarakat untuk menjaga wilayah lingkungannya, hal ini diharapkan dapat menjaga kebersihan diwilayah lingkungannya masing-masing. Untuk mencapai harapannya, DLH menghimbau kepada masyarakat untuk mengurangi dan membatasi penggunaan sampah serta tidak melakukan pembuangan sampah secara ilegal.

“Dihimbau juga untuk tidak melakukan pembakaran sampah, karena dapat mengganggu kesehatan masyarakat lainnya,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here