Kota JogjaNews

Gubernur Terima Audiensi Danlanal Yogyakarta

0
danlanal yogyakarta
Gubernur DIY saat menerima audiensi Danlanal Yogyakarta (Foto: Humas Pemda DIY)

STARJOGJA.COM. YOGYAKARTA – Gubernur DIY Sri Sultan HB X minta  pembangunan pelabuhan di Kulon Progo segera dilaksanakan dengan maksimal. Ini penting untuk  meningkatkan potensi yang ada di Daerah Istimewa Yogyakarta. Keberadaan pelabuhan itu diharapkan bisa meningkatkan kesejahteraan masyarakat DIY, sekaligus untuk mengembalikan kejayaan maritim. Hal tersebut diungkapkan oleh Gubernur DIY saat menerima audiensi Danlanal Yogyakarta di Gedhong Wilis, Kompleks Kepatihan Yogyakarta pada Rabu (30/1).

Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Yogyakarta Letkol Marinir Bambang Adriantoro yang baru saja dilantik menyampaikan dalam rangka meningkatkan potensi kelautan yang ada di DIY memang diperlukan adanya pelabuhan yang nantinya akan mengakomodir tidak hanya kegiatan Angkatan Laut namun juga mendukung seluruh potensi maritim baik wisata maupun ekonomi.

Dalam kesempatan ini, Gubernur DIY menyampaikan harapannya agar jumlah pelabuhan di pesisir selatan bertambah karena dengan begitu kegiatan perekonomian masyarakat nantinya akan jauh lebih hidup dan berkembang. Selain itu, penambahan infrastruktur pelabuhan juga diharapkan meningkatkan kesejahteraan masyarakat, sekaligus sebagai titik keberhasilan pengembangan diri TNI AL dalam menyejahterakan masyarakat.

“Ngarsa Dalem menyampaikan bahwa Angkatan Laut harus lebih terlihat, karena mungkin selama ini memang kurang begitu menonjol, caranya dengan pembangunan dan pengembangan pelabuhan dan terus menggali potensi di selatan Jogja yang notabene adalah lautan,” ujar Bambang.

Baca Juga : Pembangunan Pelabuhan Tanjung Adikarto Siap Dimulai

Bambang juga menyampaikan bahwa selain untuk mengenalkan diri sebagai pejabat baru Lanal, kedatangannya juga untuk meminta arahan terkait dengan ketugasan Danlanal baru kepada Gubernur DIY. Terkait dengan arahan-arahan dari Gubernur DIY, menurut Bambang, Sri Sultan sempat menggarisbawahi mengenai pentingnya untuk menggali potensi wisata di selatan DIY yaitu Kulon Progo, Bantul dan Gunungkidul.

Dengan membangun serta menggali potensi pariwisata di wilayah selatan DIY maka otomatis akan menaikkan kesejahteraan masyarakat. Karena pariwisata dan ekonomi adalah satu kesatuan yang tidak bisa dipisahkan. Bambang menyampaikan bahwa dirinya siap melaksanakan apa yang menjadi arahan dari Gubernur DIY tersebut.

“Peningkatan pariwisata di Bantul, Kulon Progo dan Gunungkidul menjadi salah satu yang nantinya akan menjadi perhatian lebih dari kami,” jelas Bambang.

Disinggung mengenai rencana peningkatan Pangkalan TNI AL (Lanal) menjadi Pangkalan Utama TNI AL (Lantamal) di Karangwuni, Kulon Progo, Bambang menyampaikan bahwa pihaknya belum merencanakan hal tersebut. Namun demikian, Bambang menyampaikan bahwa nantinya memang akan dibangun Lanal Tipe D di Kulon Progo. Mengenai teknis perencanaan Lanal Tipe D, Bambang menyampaikan belum ada pembicaraan lebih lanjut, karena pihaknya masih menunggu keputusan Rapat Pimpinan TNI. Namun Bambang menyampaikan apabila hal itu sudah disampaikan kepada Gubernur dan disambut baik sehingga akan ditindak lanjuti untuk orientasi daerah Kulon Progo tersebut.

Danlanal baru ini juga menyampaikan bahwa TNI AL akan mengembangkan strategi yang mengedepankan maritim, sehingga kemaritiman Indonesia khususnya di DIY akan semakin jaya.

“Sebagai perwakilan TNI AL di DIY ini, kami tentunya sangat berterimakasih dengan arahan-arahan dari Ngarsa Dalem, tentunya kami akan terus memantau wilayah selatan DIY agar nantinya bisa mengembangkan potensi wilayah selatan DIY,” ungkap Bambang.

Bobby Visca

Kisah Misteri Saat Melukis Pangeran Diponegoro

Previous article

Go green ala Samsung

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja