News

Pemilu Run Cara KPU Dongkrak Partisipasi Pemilu

0
pelari maraton
Peserta Bersiap untuk berlari di PemiluRun ( FOTO : Denie Artha)

STARJOGJA.COM, KULONPROGO. KPU Kulonprogo mengintensifkan kegiatan untuk mendongrak partisipasi pemilu. Salah satunya adalah dengan menggelar Pemilu Run yang diikuti oleh 500 peserta lintas usia. Mereka berlari dengan jarak tempuh 5 km ini yang berlokasi di Lapangan Cerme Panjatan, Minggu (7/4/2019) pagi.

Ketua KPU Kulonprogo, Ibah Muthiah mengatakan, Pemilu Run adalah salah satu stategi, dalam menarik dan mengajak masyarakat agar menggunakan hak pilihnya di Pemilu 2019.

Menurutnya, dalam beberapa gelaran pemilu di Indonesia, Partisipasi masyarakat dalam Pemilu terus mengalami penurunan. Pada tahun 2009 tingkat partisipasi masyarakat sebesar 73 persen, maka pada 2014 turun menjadi 71 persen.

“Kondisi ini tentu menjadi keprihatinan dari KPU Kulon Progo. Lewat acara ini masyarakat diajak untuk datang ke TPS memberikan suaranya,” ujar Ibah.

FOTO : Jusan

Sementara itu Kepala Kantor Kesatuan Bangsa dan Politik Kesbangpol Kulon Progo Budi Hartono dalam sambutannya mengatakan, Pemkab Kulon Progo mendukung penuh Kegiatan Pemilu Run tersebut.

“Acara Pemilu Run yang juga diadakan serentak di 549 titik di Indonesia ini, bisa menjadi pusat Informasi Kepemiluan, dalam rangka meningkatkan pemahaman masyarakat tentang pentingnya Demokrasi,” tutur Budi.

Budi Hartono menambahkan, Pemkab Kulon Progo juga memimbau kepada masyarakat untuk bisa berpartisipasi menciptakan Pemilu yang aman dan damai.

“Jangan sampai persatuan dan kesatuan terpecah belah oleh adanya perbedaan. Justru dari perbedaaan ini, seharusnya bisa menjadi cara untuk memperkuat persatuan dan kesatuan itu,” tegasnya.

Usai berlari para peserta dan masyarakat yang datang dihibur dengan penampilan musik dan pembagian aneka doorprize. Penghargaan peserta tercepat diraih oleh Ilham Ahmad ( 16 tahun).

Mafinfo : Jangan Mudah Terseret Informasi Politik Sensasional

Previous article

Jogja Police Watch (JPW) Prihatin Dengan Perusakan Pemakaman RS Bethesda

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News