NewsNusantara

Mafinfo : Jangan Mudah Terseret Informasi Politik Sensasional

0
Mafinfo : Jangan Mudah Terseret Informasi Politik Sensasional
STARJOGJA.COM, JAKARTA. Meningkatnya hoax di suasana jelang pemilu harus disikapi secara bijak oleh masyarakat. Publik diminta tidak mudah terseret dengan informasi politik sensasional.
Anita Wahid, Presidium Mafindo, menjelaskan meningkatnya suasana emosi publik beberapa hari menjelang Pemilu 2019 menyebabkan masyarakat mudah terseret dengan informasi politik yang sensasional.
“Ini adalah dampak nyata dari fenomena ‘post-truth’ pada bangsa kita, dan inilah saat yang penting bagi setiap orang untuk benar-benar bisa melakukan pengendalian diri. Ketika mendapatkan informasi yang ‘too good to be true’ atau ‘too bad to be true’, masyarakat harus langsung awas, berhenti dan refleksi diri. Jangan-jangan ini hoaks,” jelas Anita.
Anita menjelaskan, masyarakat perlu mengetahui cara untuk mengecek sebuah informasi itu benar atau tidak. Selain bertumpu kepada sumber informasi yang kredibel, khususnya media massa yang terdaftar di Dewan Pers, masyarakat juga bisa menggunakan berbagai inovasi anti hoaks karya anak bangsa seperti WhatsApp Hoax Buster untuk mengecek informasi hoaks atau tidak melalui nomer WA 0855-7467-6701.
Masyarakat juga bisa memasang aplikasi Hoax Buster Tools di Android untuk memudahkan membedakan hoaks dan bukan. Beberapa situs antihoaks seperti CekFakta.com, TurnBackHoax.ID, StopHoax.ID juga bisa memudahkan masyarakat untuk mengecek informasi hoaks.
” Cek lagi sebelum dibagi,” tegasnya.

Hoaks Server KPU Berpotensi Mendelegitimasi Penyelenggaraan Pemilu 2019

Previous article

Pemilu Run Cara KPU Dongkrak Partisipasi Pemilu

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in News