Flash Info

15 Orang Tewas di Sri Lanka Usai Pertempuran Semalam

0
Islamophobia
sri lanka di bom (reuters

STARJOGJA.COM, Dunia – 15 orang tewas di Sri Lanka, termasuk enam anak-anak, ditemukan di lokasi pertempuran sengit semalam di pantai timur Sri Lanka. Seorang juru bicara militer mengatakan 15 orang tewas di Sri Lanka itu pada hari Sabtu, enam hari setelah pembom bunuh diri menewaskan lebih dari 250 orang.

Baku tembak antara pasukan dan tersangka militan Islam meletus pada Jumat malam di Sainthamaruthu di Ampara, di sebelah selatan kota Batticaloa, tempat salah satu ledakan Minggu Paskah di tiga gereja dan empat hotel mewah.

Seorang juru bicara kepolisian mengatakan bahwa tiga tersangka pelaku bom bunuh diri termasuk di antara 15 orang tewas itu setelah tembak menembak. Satu anak yang terjebak dalam baku tembak dirawat di rumah sakit.

Baca Juga : Sri Lanka Diserang Bom Korban Tewas Bertambah

Juru bicara militer Sumith Atapattu mengatakan dalam sebuah pernyataan bahwa ketika pasukan menuju rumah perlindungan, tiga ledakan dipicu dan tembakan dimulai.

“Pasukan membalas dan menyerbu rumah persembunyian tempat penyimpanan bahan peledak yang besar,” katanya dalam sebuah pernyataan dikutp dari Reuters.

Dia mengatakan gerilyawan itu diduga anggota kelompok Islamis domestik, National Towheed Jama’at (NTJ), yang disalahkan atas serangan hari Minggu lalu.

Bahan pembuatan bom, lusinan tongkat gelignit dan ribuan bola logam ditemukan di sebuah rumah terpisah di daerah yang sama, kata militer.

Pemerintah mengatakan sembilan pembom bunuh diri itu melakukan serangan Minggu Paskah, delapan di antaranya telah diidentifikasi. Salah satunya adalah seorang wanita.

Polisi mengatakan pada hari Jumat bahwa mereka berusaha melacak 140 orang yang mereka yakini memiliki hubungan dengan Negara Islam, yang mengklaim bertanggung jawab atas pemboman bunuh diri.

Polisi telah menahan setidaknya 76 orang, termasuk orang asing dari Suriah dan Mesir, dalam penyelidikan mereka sejauh ini. Dua puluh ditangkap dalam 24 jam terakhir saja, kata mereka.

Otoritas Peringatkan Akan Serangan

Kelompok ekstremis itu merilis sebuah video pada hari Selasa yang memperlihatkan delapan pria, semuanya kecuali satu dengan wajah tertutup, berdiri di bawah bendera Negara Islam hitam dan menyatakan kesetiaan mereka kepada pemimpinnya, Abu Bakar Al-Baghdadi.

Muslim di Sri Lanka didesak untuk shalat di rumah pada hari Jumat setelah Badan Intelijen Negara memperingatkan kemungkinan serangan bom mobil, di tengah kekhawatiran akan adanya kekerasan pembalasan.

Kekhawatiran akan kekerasan sektarian pembalasan telah menyebabkan komunitas Muslim meninggalkan rumah mereka di tengah ketakutan akan bom, penguncian dan penyisiran keamanan.

Kedutaan Besar AS di Sri Lanka mendesak warganya untuk menghindari tempat ibadah selama akhir pekan setelah pihak berwenang melaporkan mungkin ada lebih banyak serangan yang menargetkan pusat-pusat keagamaan.

Uskup Agung Kolombo Kardinal Malcolm Ranjith mengatakan kepada wartawan bahwa dia telah melihat dokumen keamanan internal yang bocor memperingatkan serangan lebih lanjut terhadap gereja-gereja dan tidak akan ada massa Katolik Minggu ini di mana pun di pulau itu.

Hampir 10.000 tentara dikerahkan di seluruh negara bagian pulau Samudra Hindia untuk melakukan pencarian dan memberikan keamanan bagi pusat-pusat keagamaan, kata militer.

Pihak berwenang sejauh ini memfokuskan penyelidikan mereka pada hubungan internasional dengan dua kelompok domestik yang mereka yakini melakukan serangan, NTJ dan Jammiyathul Millathu Ibrahim.

Potensi kekeringan di Sleman, BPBD Siapkan ini

Previous article

Cuaca Panas di Jogja Sampai Berapa Derajat

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Flash Info