Kota JogjaNews

KPU DIY Gelar Rapat Pleno Terbuka Pemilu 2019

0
Pemilu Serentak 2019 di DIY
rapat pleno terbuka kpu diy (starjogja.com)

STARJOGJA.COM, Yogyakarta – KPU DIY mulai melakukan Rapat Pleno Terbuka Rekapitulasi Hasil Penghitungan Perolehan Suara Pemilu Presiden dan wakil Presiden DPR DPD dan DPRD DIY tahun 2019 di ruang JEC, Bantul. Penghitungan perolehan suara dimulai sejak Senin 6 Mei 2019 hingga hari ini masih berjalan.

Sebelumnya rekapitulasi penghitungan perolehan suara sempat ditunda karena belum selsesainya rekapitulasi penghitungan suara untuk kabupaten Sleman.

Rapat pleno dipimpin langsung oleh ketua KPU DIY Hamdan Kurniawan dan komisioner KPU DIY lainnya. Hadir juga dari Bawaslu DIY dan perwakilan parpol di DIY.

Baca Juga : KPU DIY Didorong Atasi Perbedaan DP4 dengan Data Wajib KTP

“Sempat jeda sehari kita melanjutkan untuk Sleman dinihari baru selesai. Kotak baru datang jam 14.00 lebih dikit baru datang. Ini tadi Bawaslu menyebut pemilih disabilitas tidak sama hanya jenis laki perepuannya yang belum. Setelah ini selesai lanjut lagi ke plenonya,” katanya kepada Starjogja.com Jumat (10/5/2019).

Hamdanmengatakan dalam rapat pleno terbuka ini memungkinkan bagi pihak yang merasa keberatan dengan rekapitulasi suara dapat mengutarakannya.

“Keberatan atau kejadian khusus yang dismapaikan saksi atau Bawaslu seperti beda angka yang mereka pegang dengan KPU dalam proses itu harus ada data fiks seketika itu juga harus lakukan pembenaran. kpu sleman sudah menerima keberatan sekarang sudah dikembalikan lagi,” katanya.

Ia mengaku tidak mengetahui penyebab pergeseran suara di Sleman. Namun ia mengatakan kesalahan manusia dimungkinkan menjadi masalah pergeseran suara dari PPP ke Nasdem.

“Jadi human error itu kadang muncul karena faktor kurang teliti atau faktor lainnya. Rapat pleno ini keberatan saksi pamantau itu sangat penting disitu. Kita ingin prinsipnya apa yang sudah dilakukan hak masyarakat nanti akan termanifestasi dalam berita acara,” katanya.

Sementara hasil penghitungan suara sementara untuk Presiden dan Wakil Presiden pasangan Jokowi-Amin memperoleh suara terbanyak yaitu 1.655.174 dan pasangan Prabowo-Sandi memperoleh suara sebanyak
742.481 di seluruh DIY.

Sat Pol PP Bantul Tegakkan Aturan di Bulan Puasa

Previous article

Awas ! Lupus Rentan Serang Wanita Usia Produktif

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja