Kota JogjaNews

Deodoran Kulit Salak Jadi Solusi Atasi Bau Kaki

0

STARJOGJA.COM. JOGJA – Sekelompok mahasiswa UNY mencetuskan ide untuk membuat deodoran untuk mengatasi bau kaki sekaligus kulit kering menggunakan bahan alami yaitu kulit buah salak.

Mereka adalah Aditia Pramudia Sunandar dan Rahmanisa Laila Fitri prodi pendidikan biologi, Asmi Aris prodi pendidikan kimia, Muhammad Abdurrahman Mukhlis prodi akuntansi serta Putri Matsya Sabilla prodi pendidikan bahasa dan sastra Indonesia. Menurut Aditia Pramudia Sunandar digunakannya kulit buah salak karena mengandung senyawa flavonoid, tanin dan alkaloid.

“Senyawa flavonoid dikenal sebagai senyawa yang dapat menjadi antibakteri” kata Aditia

BACA JUGA : UNY Beri Pelatihan Pemasaran berbasis online Bagi Anak Berkebutuhan Khusus

Rahmanisa Laila Fitri menambahkan bahwa bau kaki dipicu oleh kondisi kaki yang lembab dan bakteri. Senyawa flavonoid, saponin, dan tanin pada salak berpotensi untuk digunakan sebagai pencegah dan penghilang bakteri pada kaki bersepatu.

“Ketersediaan bahan baku dan melimpahnya jenis-jenis tanaman salak menjadi pendorong dibukanya usaha Cadeo (Salacca zalacca Deodorant) sebagai obat herbal solusi bau kaki dan kulit kering” katanya.

Putri Matsya Sabilla menjelaskan Cadeo didesain untuk cepat kering dan tidak meninggalkan bekas sehingga nyaman ketika digunakan di kaki. Aroma yang ditawarkan adalah lavender, mint, dan mocca.

Produk ini dapat digunakan untuk kaki yang beralas kaki maupun tidak, dengan catatan, saat menggunakan produk, pengguna menunggu spray sampai kering dan merata sebelum memakai alas kaki. Karya mahasiswa ini berhasil meraih dana Dikti dalam Program Kreativitas Mahasiswa bidang kewirausahaan tahun 2019.

Kurelakan, Single Baru Ghea Indrawari yang Terinspirasi Film X-Men

Previous article

Tertarik Dunia Fashion, Rizky Febian Rintis Usaha Clothing Line

Next article

You may also like

Comments

Leave a reply

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

More in Kota Jogja